Analisis wacana kritis perspektif Teun A. Van Dijk terhadap media sosial pada akun Instagram @Indonesiatanpapacaran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sarah, Nur (2020) Analisis wacana kritis perspektif Teun A. Van Dijk terhadap media sosial pada akun Instagram @Indonesiatanpapacaran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Sarah_E21215075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana wacana yang ingin dikembangkan oleh La Ode Munafar dalam akun Instagram @IndonesiaTanpaPacaran. Agar bisa mengungkap permasalahan wacana tersebut secara menyeluruh, dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang berfungsi memberikan fakta dan data dalam akun Instagram @IndonesiaTanpaPacaran. Kemudian data tersebut dianalisis secara kritis sosio kognitif dengan dasar pemikiran Teun A. Van Dijk, sehingga mendapat makna yang medalam tentang wacana akun Instagram @IndonesiaTanpaPacaran. Dari hasil penelitian ini, ditemukan melalui akaun Instagram @indonesiatanpapacaran. La Ode Munafar berusaha mengajak agar umat muslim menjauhi pacaran dengan dakwah melalui media sosial dan membentuk komunitas. Buku, postingan yang dalam satu hari tidak kurang dari 3 kali, dan beberapa cara digunakan La Ode untuk mengembangkan akun tersebut, dan menyadarkan masyarakat akan bahaya pacaran. Jika dikaji dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Van Dijk, peneliti menyimpulkan bahwa bagaimanapostingan teks caption pada Instagram @indonesiatanpapacaran berkembang. Dimensi penting dalam analisis wacana kritis terletak pada kognisi sosial yang berarti melalui sebab penulis menulis teks tersebut. Kemudian pemahaman masyarakat terhadap teks tersebut beserta umpan bali atau respon.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sarah, Nursarah.bazalma1r@gmail.comE21215075
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimuz@gmail.com2115048201
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Keywords: Wacana kritis; Teun A. Van Dijk; media sosial; Instagram
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Sarah
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:30
Last Modified: 26 Feb 2020 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39184

Actions (login required)

View Item View Item