Kontribusi organisasi pelajar dalam menangkal radikalisme: studi pada Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama di Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atiqoh, Iin (2020) Kontribusi organisasi pelajar dalam menangkal radikalisme: studi pada Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama di Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iin Atiqoh_E21215063.pdf

Download (902kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari peristiwa kekerasan yang bersumber dari pemahaman radikalisme. Isu yang melibatkan anak usia pelajar menunjukkan bahwa gerakan atau organisasi yang bersifat radikal mengatasnamakan Islam menjadi generasi muda pelajar sebagai target utama kaderisasi paham radikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pengurus organisasi IPNU IPPNU dalam menangkal radikalisme di Kabupaten Lamongan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, melalui pengurus IPNU IPPNU, dokumen-dokumen IPNU IPPNU Kabupaten Lamongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pandangan pengurus IPNU IPPNU Lamongan tentang radikalisme adalah paham radikal dilabelkan bagi mereka yang mengedepankan kebenaran kelompoknya sendiri. (2) Kebijakan terkait isu radikalisme meliputi 3 hal, yakni dakwah, kegiatan sosial, dan pemberdayaan ekonomi. (3) Program yang dilakukan diantaranya adalah kontra radikalisasi, deradikalisasi, majelis ba’tik dzikir atau shalawat, proses kaderisasi, dan program anti narkoba. (4) Hambatan dalam menangkal radikalisme adalah aliran dana yang tidak sebanyak golongan radikal, upgrade kualitas SDM yang mampu mengikuti arus zaman, konsep yang tidak sistematis, sistem dunia maya yang gampang diakses masyarakat, dan literasi media.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atiqoh, Iiniinatiq31@gmail.comE21215063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@uinsby.ac.id2018057203
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Organisasi Masyarakat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kontribusi Organisasi Pelajar; IPNU IPPNU; Radikalisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: S. Ag IIN ATIQOH
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:36
Last Modified: 05 Mar 2020 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39206

Actions (login required)

View Item View Item