This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Gumilang, Febry Shandi (2010) Pendidikan keluarga berbasis Gender dalam perspektif Masyarakat Desa Jedongcangkring Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Masters thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Febry Shandi Gumilang_D31205032.pdf Download (11MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul "Pendidikan Keluarga Berbasis Gender Dalam Perspektif Masyarakat Desa Jedongcangkring Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo". Adapun yang menjadi fokus dari studi ini adalah mencari sedetail-detailnya tentang ayah dan ibu serta antara anak laki-laki dan perempuan dalam keluarga dengan mmusan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimana pandangan Masyarakat Desa Jedongcangkring tentang kewajiban mendidik anak bagi kedua orang tua?; (2) Bagaimana pandangan Masyarakat Desa Jedongcan gkring Prambon Sidoarjo tentang keteladanan yang harus diberikan oleh kedua orang tua?; (3) Bagaimana pandangan Masyarakat Desa Jedongcangkring Prambon Sidoarjo tentang Keadilan orang tua dalam memberikan pendid ikan terhadap semua anak dalam prespektif gender? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif karena data yang disajikan dalam bentuk kata verbal, bukan dalam bentuk angka. Dengan bantuaan bermacam-macam material yang terdapat di mangan perpustakaan, seperti bukubuku, majalah, dokumen, catatan, dan sebagaimya. Untuk menjawab semua pertanyaan dalam skripsi ini ditempuh dengan penelitian teoritis dan empiris, dalam penelitian teoritis penulis menggunakan metode induksi, deduksi, komparasi. Sedangkan dalam penelitian empiris penulis mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari penelitian ini, hasil yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa Pandangan masyarakat Desa Jedongcan gkring (1) tentang kewajiban mendidik anak bagi orang tua adalah suatu hal yang waj ib untuk dilaksanakan. Karena mereka menganggap bahwa anak adalah tanggu ng jawab yang diamanahkan oleh Allah untuk d iberi pendidikan dan pengajaran. Menumt mereka yang berhak atau yang berkewajiban dalam mend id ik anak-anaknya adalah ked ua orang tua. (2) Tentang keteladanan yang hams diberikan oleh ked ua orang tua, mereka berbendapat bahwa orang tua hams bisa menjadi contoh serta panutan bagi putra-putrinya dalam hal ini peran ayah serta ibu untuk menjad i teladan bagi anak-anaknya sangatlah besar , karena ayah dan ibu adalah sosok model yang akan selalu ditim dan dijadikan rujukan bagi putra-putrinya dalam menghadapi kehidupannya. (3) Tentang Keadilan orang tua terhadap semua anak dalam memberikan pendid i kan. Mereka berpendapat bahwa berbuat adil dan bijaksana terhadap semua anak adalah suatu hal yang seharusnya. Menumt mereka Adil adalah sikap proposional yang tidak memprioritaskan (menomorsatukan) yang satu dengan yang lain. Bagi mereka Orang tua tidak boleh membeda-bedakan sikap terhadap anaknya. Sebagian anak mendapatkan perlakuan yang kurang adil karena dipengamhi faktor tertententu. Dan ada yang beranggapan bahwa pem berian kesempatan dalam mengenyam pendid ikan secara tidak ad il tidak akan memberikan dampak apapun Orang tua tidak boleh mengabaikan anak yang lebih lemah dan memprioritaskan yang lebih kuat, serta tidak boleh memberi perhatian yang lebih terhadap yang satu. Demikian pula dalam bidang pendidikan, bagi mereka Setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang sama.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Keluarga Pendidikan |
||||||||
Keywords: | Pendidikan keluarga; Gender | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2020 07:10 | ||||||||
Last Modified: | 03 Mar 2020 07:10 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39247 |
Actions (login required)
View Item |