تأثير قصة المعراج في ملحمة الكوميديا الإلهية لدانته

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningati, Dewi Arum (2010) تأثير قصة المعراج في ملحمة الكوميديا الإلهية لدانته. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Arum Ningati_A01205034.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39289

Abstract

Hampir semua negara di dunia menjalin hubungan dengan negara lain. Dari hubungan tersebut terjadi pembauran dalam budaya termasuk didalamnya sastra. Pembaruan sastra tersebut menimbulkan pengaruh pada salah satu atau kedua belah pihak, baik pengaruh berupa unsur yang dominan maupun tidak dominan. Sebagaimana penulis ketahui bahwa pengaruh antara karya satu dengan yang lain berbeda. Dalam hal ini penulis akan menjelaskan letak pengaruh pada kedua karya diatas (kisah Mi'raj dan malhamah Al-komedia Al-ilahiah) perumusan masalah pada penelitian ini meliputi: a. Apa kcmiripan (keserupaan) antara kisah Mi'raj dengan Malhamah al­ Komedia al-Ilahiah? b. Bagaimana pengaruh kisah Mi'roj terhadap malhamah al-Komedia al­ Ilahiah? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode perbandingan yaitu metode pembahasan dengan membandingkan antara satu karya dengan karya lain. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik penukilan secara langsung maupun tidak langsung dalam metode penulisannya. Setelah membandingkan antara kisah Mi'raj dengan Malhamah al­Komedia al-llahiah temyata keduanya mempunyai kesamaan diantaranya: merupakan perjal&nan ke langit, dimana dalam kisah Mi'raj Nabi Muhammad di temani oleh malaikat jibril sedangkan Dante ditemani oleh Farjil dan Beatrice. Adanya kesamaan diantara keduanya karena Dante membaca manuskrip Arab yang berjudul "Mi'raj Muhammad" yang telah diterjemahkan kepada bahasa Qosytala atas perintah raja Alfonso X, dan Dante menulis malhamah ini setelah dia membaca manuskrip tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningati, Dewi Arum--A01205034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Ahmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Kisah mi'roj; malhamah; al komedia al Ilahiah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:39
Last Modified: 09 Mar 2020 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39289

Actions (login required)

View Item View Item