PERAN MADRASAH NIẒĀMIYAH DALAM PENGEMBANGAN PAHAM SUNI DI BAGHDAD ( 1065-1258 M )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yanto, Dwi (2015) PERAN MADRASAH NIẒĀMIYAH DALAM PENGEMBANGAN PAHAM SUNI DI BAGHDAD ( 1065-1258 M ). Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “PERAN MADRASAH NIẒĀMIYAH DALAM PENGEMBANGAN PAHAM SUNI DI BAGHDAD ( 1065-1258 M )” dengan rumusan masalah sebagai berikut: pertama bagaimana perkembangan Madrasah Niẓāmiyah. Kedua bagaimana perkembangan paham Suni. Yang ketiga bagaimana peran Madrasah Niẓāmiyah dalam pengembangan paham Suni.
Skripsi ini mengkaji Madrasah Niẓāmiyah dengan menggunakan metode sejarah; yaitu proses menguji dan menganalisis kesaksian sejarah guna menemukan data yang otentik dan dapat dipercaya untuk merekonstruksikan kejadian masa lampau. Data penelitian diperoleh melalui penelusuran dokumen terkait, baik yang ditulis oleh ilmuan sezaman dengan Madrasah Niẓāmiyah ataupun data yang ditulis oleh ilmuan modern. Data tersebut dipilih sesuai dengan tema yang diambil dan dianalisis untuk diperoleh data yang sesuai kemudian baru ditulis. Pendekatan yang dipakai dalam penulisan Skripsi ini adalah pendekatan sosio-historis. Penulis memaparkan keadaan sosial yang ada pada masa lampau, dalam hal ini adalah Madrasah Niẓāmiyah. Sedangkan teori yang dipakai adalah teori konflik milik Karl Max Weber. Weber berpendapat bahwa konflik disudahi dengan konflik. Selanjutnya ia berpendapat bahwa “perkembangan penuh ide-ide kreatif manusia sebagai tujuan kemajuan”. Penulis melihat Madrasah Niẓāmiyah merupakan ide tersebut.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Madrasah Niẓāmiyah adalah sebuah ide setelah konflik dan kekerasan antara kelompok Suni dan Syiah, Madrasah Niẓāmiyah diharapkan dapat menguatkan paham Suni yang tengah berkuasa dan tertindas sebelumnya. Harapan ini terwujud. Setelah Madrasah Niẓāmiyah eksis, munculah tokoh-tokoh besar berpaham Suni yang berpengaruh pada masa itu. Contohnya al-Ghozali, ia adalah seorang ulama besar yang menjadi Rektor di Madrasah Niẓāmiyah dan juga menjadi penasihat Kholifah. Contoh lain adalah al-Juwaini, ia adalah ulama besar yang juga mengajar di Madrasah Niẓāmiyah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Imam Ghazali Said
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yanto, DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Sejarah
Keywords: Madrasah Niẓāmiyah; Paham Suni
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:11
Last Modified: 25 Jan 2016 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3930

Actions (login required)

View Item View Item