Analisis metode awal bulan Kamariah dalam Kitab Tarwih karya K.H. kholiqul fadhil

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Abd. (2019) Analisis metode awal bulan Kamariah dalam Kitab Tarwih karya K.H. kholiqul fadhil. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abd. Rahman_ C08216001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Analisis Metode Awal Bulan Kamariah dalam Kitab Tarwih Karya K.H. Kholiqul Fadhil ini untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang tertuang dalam skripsi meliputi:1).Bagaimakah metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Tarwih karya K.H. Kholiqul Fadhil? 2).Bagaimanakah Akurasi metode hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Tarwih Karya K.H. Fadhil dibandingkan dengan kriterian MABIMS RI? Dalampenulisskripsiinipenulis menggunakanmetode penelitian kualitatif. Data primer yang digunakan adalahkitab Tarwih Karya K.H. Kholiqul Fadhil.Data sekunder didapat dari buku-buku ilmu falak yang membahas tentang penentuan awal bulan Kamariah. Analisis dilakukan dengan membandingkan perhitungan pada data primer dengan data skunder. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa perhitungan awal bulan Kamariah pada kitab Tarwih menggunakan hisab tarikh ‘Arobi . hal tersebut terlihat dari penggunaan tabel yang sama dengan kitab induk dari kitab tarikh ‘Arobi. Dalam penentuan awal bulan menggunakan metode kitab Tarwih yang penulis lakukan untuk bulan Ramadan 1440 dan Ramadan 1441 Hijriah berbeda dengan hasil metode MABIMS RI. Perbedaan tersebut terjadi karena hisab yang digunakan dalam kitab tarwih termasuk hisab klasik sedangkan dalam Kriteria Mabims menggunakan hisab Kontemporer yakni Ephemeris. Diperlukan koreksi tambahan agar menjembatani perbedaan penentuan awal bulan Kamariah antara Kitab Tarwih dengan metode MABIMS RI. Diperlukan juga perhitungan yang lebih panjang untuk melihat perbedaan dimasa yang akan datang diluar perhitungan dalam penelitian ini. Hal tersebut dilakukan untuk melihat potensi perbedaan dimasa yang akan datang antara kitab klasik dan kontemporer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Abd.rahman2102gokil@gmail.comC08216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhazin, A. muftiamuftikhazinfaza@gmail.com2013037301
Subjects: Hisab dan Rukyah
Tahun Hijriah
Falak
Keywords: Awal bulan; Kitab Tarwih; K.H. kholiqul fadhil
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Abd. Rahman
Date Deposited: 24 Mar 2020 07:33
Last Modified: 24 Mar 2020 07:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39422

Actions (login required)

View Item View Item