Islamic Prudential Banking pada pembiayaan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah: studi multi situs Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asiyah, Binti Nur (2020) Islamic Prudential Banking pada pembiayaan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah: studi multi situs Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Nur Asiyah_F53317006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi, Non Performing Financing (NPF) BPRS di atas benchmark otoritas. Hal ini berdampak pada Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP). NPF terjadi akibat implementasi syariah pada pembiayaan tidak maksimal sehingga memerlukan perbaikan. Rumusan masalah penelitian ini; 1. Bagaimana strategi pengelolaan NPF dalam meminimalisir PPAP? 2. Bagaimana Islamic prudential banking pada pembiayaan dalam meminimalisir NPF dan PPAP? Pendekatan penelitian iniadalah studi kasus pada multi situs. Informan penelitiannya adalah komisaris, direksi, Dewan Pengawas Syariah (DPS), account officer dan otoritas jasa keuangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan indept interview. Analisa penelitian dilakukan dengan memeriksa, mengkategorikan, mentabulasi, menguji, menggabungkan kembali bukti data primer dan sekunder sehingga menghasilkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini; 1. Strategi pengelolaan NPF dalam meminimalisir PPAP adalah strategi preventif dan korektif. 2. Islamic prudential banking pada pembiayaan berupa kebijakan internal perspektif syariah, aturan kepatuhan syariah BPRS, satuan kepatuhan syariah mampu meminimalisir NPF dan PPAP penting dimiliki dan diterapkan sebagai acuan operasional pembiayaan BPRS. Ada dua proposisi yang ditawarkan dalam riset ini yaitu proposisi minor: 1. Bila strategi pengelolaan NPF dilakukan, maka PPAP dapat diminimalisir. 2. Bila Islamic prudential banking pada pembiayaan dijalankan, maka kondisi bank syariah semakin baik, NPF dan PPAP dapat diminimalsir dan proposisi mayor adalah “bila islamic prudential banking pada pembiayaan dimiliki dan diterapkan secara operasional oleh BPRS, maka dapat meminimalisir NPF dan PPAP”. Implikasi teoritis penelitian ini berupa proposisi Islamic prudential banking pada pembiayaan. Implikasi praktisnya adalah perlunya BPRS menggali setiap permasalahan mengenai analisa masalah islamic prudential banking pada pembiayaan, perlu penerapan kebijakan pembiayaan dan SOP pembiayaan perspektif syariah di BPRS.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asiyah, Binti Nurbinti.advan@gmail.comF53317006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, M. Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsby.ac.id2021066802
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Islamic prudential banking; pembiayaan; Bank Pembiayaan Rakyat Syariah
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Binti Nur Asiyah
Date Deposited: 24 Mar 2020 08:05
Last Modified: 24 Mar 2020 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39437

Actions (login required)

View Item View Item