Konsep dan pengaruh ide islam rahmat li al-ʻalamin Husein Ja’far al-Hadar terhadap keberagamaan kaum milenial di media sosial Konsep dan pengaruh ide islam rahmat li al-ʻalamin Husein Ja’far al-Hadar terhadap keberagamaan kaum milenial di media sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Nur Mufidatul (2020) Konsep dan pengaruh ide islam rahmat li al-ʻalamin Husein Ja’far al-Hadar terhadap keberagamaan kaum milenial di media sosial Konsep dan pengaruh ide islam rahmat li al-ʻalamin Husein Ja’far al-Hadar terhadap keberagamaan kaum milenial di media sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mufidatul ummah_E91216065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Islam Rah{mat li al-ʻAlamin merupakan salah satu visi dibawanya Islam oleh Nabi Muhammad. Semua umat Islam diharuskan memegang teguh dasar tersebut sebagai landasan dalam mengahadapi persoalan kehidupan. Akan tetapi banyaknya golongan dan kelompok umat Islam yang berbeda -beda dalam memahami makna Rah{mat li al-ʻAlamin dar, sebagian dari mereka hingga keluar dari nilai Rah{mat li al-ʻAlamin. Terbukti dengan banyaknya propaganda Islam di media sosial. Aksi intoleran dan kekerasan yang disandarkan atas nama Islam sangat bertolak belakang dengan Islam sebagai agama rahmat yang tujuannya menciptakan kedamain dan keselamatan untuk alam semesta. Berawal dari pokok permasalahan tersebutlaha peneliti ingin mengulas dan mengkaji ide Islam Rah{mat li al-ʻAlamin yang dibawah oleh Husein Ja’far al-Hadar dengan konsep yang berasaskan cinta dengan menekankan tiga aspek penting, yaitu, kebenaran, kebaikan dan keindah. Melihat zaman semakin berkembang, teknologi mulai menguasai, Islam bukanlah agama yang harus mengindari ataupun juga ikut didalamnya, maka opsi ketiga adalah universilitas islam dengan partikulasi zaman. Sehingga menyampaikan sebuah pesan harus disesuaikan dengan zaman yang ada. Sehingga dakwahpun harus disampaikan dengan kreativitas yang mewadahi. Maka di zaman milenial hari ini yang lebih dikenal dengan zaman digitalisasi. Maka dakwahpun akan dapat tersampaikan mellaui media tersebut. sebagaimana media dapat mempengaruhi suatu pesan itu dapat tersampaikan. Sebagaimana pemikiran Marshall McLuhan tentang “The Medium is The Message”. Maka dari itu medium yang digunakan oleh Husein Ja’far al-Hadar untuk menyampaikan pesan ide Islam Rah}mat li al-ʻAlamin melalui medium seperti quotes, meme ataupun vlog yang dirasa efektif untuk memberi sebuah pesan terhadap kaum milenial di media sosial. Sehingga dengan upaya tersebut dapat menyegarkan kembali keberagamaan umat Islam khususnya kaum milenial kepada Islam yang Rah{mat li al-ʻAlamin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Nur Mufidatulummahmufida22@gmail.comE91216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKasno, Kasnokasno.sidaryanto@yahoo.com198011262011011004
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat wakhidUNSPECIFIED195912011986031006
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Agama
Filsafat
Keywords: Islam Rah{mat li al-ʻAlamin, Konsep cinta Husein Ja’far al-Hadar.;The Medium is The Message.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Nur Mufidatul Ummah
Date Deposited: 14 Apr 2020 11:30
Last Modified: 14 Apr 2020 11:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39599

Actions (login required)

View Item View Item