PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MATERI PEKERJAAN (فِي العَمَلِ) MELALUI STRATEGI KURRATU AL-KALAM PADA SISWA KELAS V MI NAHDLATUL ULAMA’ SUMOKALI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Nur (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MATERI PEKERJAAN (فِي العَمَلِ) MELALUI STRATEGI KURRATU AL-KALAM PADA SISWA KELAS V MI NAHDLATUL ULAMA’ SUMOKALI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan bahwa keterampilan berbicara siswa materi فِي العَمَلpada siswa kelas V MI Nadlatul Ulama’ Sumokali Sidoarjo masih sangat rendah. Dari 31 siswa hanya 7 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dan 25 lainnya masih dibawah KKM.Hal tersebut disebabkan karena penerapan strategi pembelajaran teacher center sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Untuk meningkatkan keterampilanb erbicara tersebut, maka peneliti menerapkan strategi Kurratu al-kalam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan strategi Kurratu al-kalam materi pekerjaan (فِي العَمَلِ) pada siswa kelas V di MINUSumokali?. (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi pekerjaan (فِي العَمَلِ) pada siswa kelas V MINU Sumokali setelah menggunakan strategi Kurratu al-kalam?
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan strategi Kurratu al-kalam berlangsung dengan baik dibuktikan dengan hasil observasi guru dan siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh prosentase 76,8% dengan kriteria baik, dan pada siklus II diperoleh prosentase 84,2% dengan kriteria sangat baik. Hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh prosentase 72,5%dengan kriteria baik, dan pada siklus II diperoleh prosentase 77,5%dengan kriteriabaik. (2) terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V MI NU Sumokali Sidoarjo materi pekerjaan (فِي العَمَلِ) melalui strategiKurratu al-kalam. Peningkatan berbicara siswa dibuktikan dengan perolehan prosentase ketuntasan hasilbelajar siswa pada setiap siklusnya. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa 35,4 dengan prosentase ketuntasan sebesar 28%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 71,45 dengan prosentase ketuntasan sebesar 51,61% dengan criteria cukup dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 87,5 dengan perolehan prosentase ketuntasan belajar siswa sebesar 93,55% dengan kriteria sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sulthon Mas’ud
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Bahasa Arab; Kurratu Al-kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2016 02:19
Last Modified: 26 Jan 2016 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3960

Actions (login required)

View Item View Item