العناصر الداخلية في مسرحية عودة الفردوس لأحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musa, Musa (2009) العناصر الداخلية في مسرحية عودة الفردوس لأحمد باكثير. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Musa_A01303022.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39717

Abstract

Unsur-Unsur Intrinsik dalam Drama Awdatu Al Firdaus Ali Ahmad Baksir
Ali Ahmad Baksir adalah seorang sastrawan yang mengarang drama berjudul Al-Awdaat alfirdaus. ia lahir pada 21 Desember 1910 di Surabaya. Drama ini berkisah tentang peristiwa heroisme rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda. Dinamakan Al-Awdat al-firdaus karena bangsa Indonesia telah berhasil mendapatkan kemerdekaannya setelah ratusan tahun berjuang melawan bangsa penjajah. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif, yakni library researcht (kajian pustaka). Adapun dalam pembahasannya, penulis menggunakan metode deskriptif (al-bayan). Metode ini memaparkan seeara rinci materi yang berhubungan dengan judul skripsi. Dalam hal ini penulis fokus pada kajian yang ada dalam karya sastra, yaitu unsur intrinsik. Unsur ini meliputi tokoh penokohan, seting, alur, dan konflik. Adapun drama al-Awdat al-firdaus yang dikarang Ali Ahmad Baktsi menceritakan tentang kemerdekaan Indonesia yang bertempat di Batavia Jawa dan drama tersebut berbentuk dialog yang diperankan beberapa tokoh seperti Sulaiman (pengikut sutan Syahrir), Majid (pengikut Soekarno) Zainah (calon istri Sulaiman: Aisyah (calon Istri Hamid), Izzuddin (seorang pimpinan pahlawan rahasia terhadap pendudukan Jepang), Soekarno (kepala pemerintah negara RI ), Van Diek (seorang penghianat) untuk meminta perlindungan kepada pejuang nasionalis), Van Marti (seorang Belanda pengikut Nabi). Dan bahasa yang digunakan dalam drama al Awdat al-firdaus adalah bahasa yang Fushah ( Mengikuti kaidah- kaidah i'rob).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musa, Musa--A01303022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur Intrinsik; Drama Awdatu Al Firdaus; Ali Ahmad Baksir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Apr 2020 16:47
Last Modified: 22 Apr 2020 16:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39717

Actions (login required)

View Item View Item