Anomali Ideologi Kajian Sosiologi Politik Masyarakat Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Halim, Abdul (2020) Anomali Ideologi Kajian Sosiologi Politik Masyarakat Madura. Dialektika, Yogyakarta. ISBN 9786025841286

[img] Text
Anomali Ideologi Madura_halim.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap bangsa, kata Moh. Hatta dalam bukunya Alam Pemikiran Yunani (2006:1), betapa pun biadabnya tetap mempunyai dongeng atau takhayul. Premis Bung Hatta ini sesungguhnya bisa dielaborasi lebih jauh dan luas dalam konteks sosio-religio antropologis. Setiap masyarakat, bagaimana pun primitifnya, tetap mempunyai sistem nilai, etika, moralitas, tradisi bahkan ideology yang menjadi panduan hidupnya. Bisa dipastikan tidak ada satu pun komunitas dan masyarakat di muka bumi ini, dari era klasik hingga kontemporer, yang hidup tanpa panduan nilai-nilai. Sistem nilai akan merefleksikan keyakinan dan menjadi pandangan hidup mereka. Suatu tatanan nilai dan sistem kepercayaan yang menjadi pedoman masyarakat bersifat relatif. Tidak selamanya baku dan absolut. Nilai-nilai dan sistem kepercayaan masyarakat, seberapa pun tangguhnya karena sudah sangat lama diikuti akan tetap mengalami perubahan, pergeseran, bahkan penjungkirbalikan seiring dengan perubahan waktu. Tentu saja dalam arus perubahan ini, masih ada unsur-unsur nilai tertentu yang bisa dipertahankan. Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah keutuhan dan kebakuan sebuah tatanan nilai sosial bersifat dinamis dan tidak mungkin dalam kondisi statis. Sebab, sistem nilai bukanlah barang yang ada di dalam ruang “isolasi”, yang berdiri secara otonom dan terpisah dari kehidupan masyarakat. Sistem nilai adalah produk interaksi dan perjumpaan dengan nilai-nilai lain di luar dirinya, yang terkadang direproduksi seiring dengan perubahan waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Halim, Abdulhalim2014999@gmail.com2025076301
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
EditorRahman, Rifky Faiza..
Subjects: Ideologi Politik
Sosiologi
Keywords: Sosiologi; SosiologiPolitik; Madura;
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 May 2020 02:45
Last Modified: 21 May 2020 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39783

Actions (login required)

View Item View Item