FA AALIYYAH TATHBIQ AL-MADKHAL AL-ILMIY (SCIENTIFIC APPROACH) FI MAHARAH AL-KITABAH LILFASHL AL-SABI’ BI AL-MADRASAH AL-MUTAWASSITHAH AL-ISLAMIYYAH DARUL ULUM WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ekayanti, Vivi (2015) FA AALIYYAH TATHBIQ AL-MADKHAL AL-ILMIY (SCIENTIFIC APPROACH) FI MAHARAH AL-KITABAH LILFASHL AL-SABI’ BI AL-MADRASAH AL-MUTAWASSITHAH AL-ISLAMIYYAH DARUL ULUM WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (855kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Pendekatan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan saintifik, dapat membantu siswa untuk memperbanyak kosa kata arab dan dapat membantu seorang guru untuk lebih mudah dalam membimbing peserta didik untuk menulis bahasa arab dengan bagus dan benar. Dengan kosa kata bahasa arab tersebut siswa dapat belajar membuat sebuah kalimat sehingga mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa.
Penelitian ini dilakukan atas suatu masalah kurang berhasilnya pengajaran bahasa Arab terutama keterampilan menulis. Pada hakikatnya, menulis merupakan salah satu sarana berkomunikasi dengan bahasa antara orang dengan orang lainnya yang tidak terbatas oleh waktu dan tempat.Untuk itu, menulis sangat penting dalam pembelajaran bahasa Arab. Penggunaan pendekatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa secara mandiri dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran.
Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain: (1) Bagaimana penerapan Scientific Approach dalam maharah kitabahsiswa kelas VII di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo? (2) Bagaimana efektivitas Scientific Approach dalam maharah kitabah siswa kelas VII di MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo?
Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan tersebut, maka penulis menggunakan 3 instrumen pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, yang menjadi populasi adalah murid kelas VII MTs Darul Ulum Waru Sidoarjo yang berjumlah 326 siswa. Dan sampel yang diambil berjumlah 48 siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan menggunakan rumus uji T. Disini peneliti menggunakan software SPSS 16 yang memudahkan peneliti, maka nilai Mean siswa sebelum penerapan Scientific Approach (pretest) adalah 99,58, dan nilai Mean setelah penerapan Scientific Approach (posttest) adalah 66,25. Nilai t hitung 11,094 > t tabel 2,68 dan ini menunjukan Ho ditolak. Dan nilai sig 0,000 < 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian. artinya pendekatan Saintifik (Scientific Approach) ini dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Ulum Waru Sidoarjo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Nu'man
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ekayanti, ViviUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Pendekatan Scientific Approach; Maharah Kitabah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 03:50
Last Modified: 26 Jan 2016 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3981

Actions (login required)

View Item View Item