PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE ACTION LEARNING PADA SISWA KELAS I MI KHOIRUL RIDWAN SEMAMPIR SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiriyah, Siti (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI METODE ACTION LEARNING PADA SISWA KELAS I MI KHOIRUL RIDWAN SEMAMPIR SURABAYA. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reaserch). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana penggunaan metode Action Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat kita ketahui dari meningkatnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, baik keaktifan bertanya, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, maupun dalam mengerjakan soal latihan.
Penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan di MI Khoirul Ridwan Semampir Surabaya Tahun Pelajaran 2014/2015 berjumlah 20 siswa, dilakukan dalam 3 (tiga) siklus , dengan materi pembelajaran fiqih meliputi tata cara shalat berjamaah, cara memberitahu imam yang salah, keutamaan shalat berjamaah. Teknik pelaksanaan diawali dari pengumpulan data yang meliputi dokumentasi, tes (pretes dan post tes) dan pengamatan serta dianalisa secara deskriptif dan kualitatif. Tindakan dilanjutkan dengan pelaksanaan tiga siklus/tahap. Setiap tindakan terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan bersama seorang rekan kerja yang membantu pelaksanaan penelitian. Keberhasilan penelitian ditentukan oleh kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 7,0 yang diperoleh 75% dari 20 siswa atau 12 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam mata pelajaran Fiqih keaktifan siswa meningkat dari 41,25% pada siklus I, menjadi 58,75% pada siklus II, serta 83,62% pada siklus III. Hasil belajar siswa juga meningkat dari 40% pada siklus I, menjadi 60% pada siklus II, serta 85% pada siklus III, maka penerapan metode Action Learning dapat meningkatkan prestasi belajar Fiqih pada kelas I MI Khoirul Ridwan Semampir Surabaya Tahun Pelajaran 2014/2015

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiriyah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Prestasi Belajar Fiqih; Metode Action Learning
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:59
Last Modified: 26 Jan 2016 04:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4002

Actions (login required)

View Item View Item