BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN BIBLIOTHERAPY DALAM MENINGKATKAN POLA ASUH ORANGTUA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SIWALANKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawarnita, Ria (2015) BIMBINGAN KONSELING ISLAM DENGAN BIBLIOTHERAPY DALAM MENINGKATKAN POLA ASUH ORANGTUA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SIWALANKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Fokus penilitian adalah (1) Bagaimana proses bimbingan konseling islam dengan bibliotherpy dalam meningkatkan pola asuh orangtua anak tunagrahita ringan di Siwalankerto? (2) Bagaimana hasil bimbingan konseling islam dengan bibliotherpy dalam meningkatkan pola asuh orangtua anak tunagrahita ringan di Siwalankerto?
Dalam menjawab permasalahan di atas, maka peniliti menggunkan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus yang kemudian dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif komperatif. Setelah data terkumpul data kemudian dianalisa. Analisa dilakukan untuk mengetahui proses akhir dari bimbingan konseling islam dengan bibliotherapy dalam meningkatkan pola asuh orangtua anak tunakgrahita ringan dan membandingkan data teori dengan kenyataan lapangan serta membandingkan kondisi klien sebelumdan sesudah mendapatkan konseling beserta terapinya.
Proses bimbingan konseling islam dengan bibliotherapy dalam meningkatkan pola suh orangtua anak tunagrahita ringan dilakukan melalui langkah – langkah identifikasi masalah, diagnosa, prognosa, treatment, dan follow up, sehingga peneliti menggunakan bibliotherapy dengan langkah – langkah penerapannya yaitu 1) berdiskusi dengan klien untuk menentukan buku yang akan dibaca dan sesuia dengan permasalahan klien, 2) pentetapan waktu berapa lama dalam membaca buku, 3) berdiskusi setelah klien membaca buku dan memberi arahan yang positif kepada klien agar tetap termotivasi untuk melakukan perubahan pola asuh asuh yang diberikan. Pola asuh orangtua terhadap anak tunagrahita ringan di Siwalankerto yang terjadi adalah polan pengasuhan anak yang kurang tepat, kurang adanya kontrol dalam mengawasi bimbingan belajar pada anak, orangtua sibuk bekerja, orangtua kesulitan dalam bahan pembelajaran anak dan tidak ada batasan dalam kemauan anak. Dalam penelitian ini bibliotherapy dapat digunakan sebagai salah satu model penyelesaian masalah terkait pola asuh terhadap anak tnagrahita rngan dengan memberikan sebuah buku Anak Cacat Bukan Kiamat (Metode Pembelajaran dan Terapi untuk anak Berkebutuhan Khusus) untuk memberikan pandangan yang positif sehingga menggugah kesadaran klien untuk mendidik anak yang berkebutuhan khusus secara tepat.Dari hasil proses perubahan yang terjadi pada anak cukup berhasil, hal ini tampak pada perubahan kebiasan yang kurang tepat menjadi lebih baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Faizah Noer laila
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawarnita, RiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi > Keluarga
Psikologi > Tuna Grahita
Keywords: bimbingan konseling Islam; bibliotherapy; pola asuh orangtua; tunagrahita.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2016 05:49
Last Modified: 27 Jan 2016 05:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item