This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shofifah, Awaliya Nuris (2015) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN TERAPI REALITAS DALAM MENANGANI PERILAKU FIKSASI PADA ANAK : STUDI KASUS ANAK YANG SELALU BERGANTUNG PADA ORANG LAIN DI DESA SARANGAN KANOR BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses bimbingan konseling islam dengan terapi realitas dalam menangani perilaku fiksasi pada anak (studi kasus; anak yang selalu bergantung pada orang lain di desa sarangan kanor bojonegoro)? (2) Bagaimana hasil akhir bimbingan konseling islam dengan terapi realitas dalam menangani perilaku fiksasi pada anak (studi kasus; anak yang selalu bergantung pada orang lain di desa sarangan kanor bojonegoro)?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisa proses dan hasil akhir dari pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dengan terapi realitas dalam menangani perilaku fiksasi pada anak (studi kasus; anak yang selalu bergantung pada orang lain di desa sarangan kanor bojonegoro) menggunakan analisa deskriptif komparatif, yang mana penulis membandingkan data teori dan data yang terjadi di lapangan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masalah yang terjadi adalah perilaku anak yang sering bergantung pada orang lain dalam melakukan sesuatu. Disamping itu perilaku fiksasi yang dialami oleh anak ini telah mengakibatkan anak tidak bisa mandiri. Dalam penelitian ini proses konseling yang dilaksanakan dengan menggunakan terapi realitas, yang mana peneliti menggunakan 1 tehnik yaitu tehnik permainan peran. Terhnik tersebut terdapat langkah-langkah yang telah dikonsep, pada setiap konseling yang telah dilaksanakan secara berurutan 3-6 kali konseling. Dengan pendekatan ini diharapkan konseli bisa menerima kenyataan pada perilakunya saat ini dan bisa menjadi anak yang mandiri serta bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Sedangkan hasil akhir dari proses konseling terhadap konseli dalam penelitian ini cukup berhasil, yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada perilaku konseli yang mulai sudah bisa melakukan aktivitas tanpa bergantung pada orang lain dengan cara mengerjakannya secara mandiri.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abd. Basyid | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Konseling Psikologi > Keluarga Psikologi > Psikologi Anak |
||||||
Keywords: | Terapi Realitas; Perilaku Fiksasi. | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2016 06:30 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2016 06:30 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4095 |
Actions (login required)
View Item |