This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Evaliza, Naziha (2015) Tahlil al Tadkhil al Nahwi min al Lughoh al Indunisiyyah ila al Lughoh al 'Arabiyyah fi al Kitab al Wahdah al Lughoh al 'Arabiyyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.
|
Text
Cover.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (961kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (300kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada kesalahan interferensi sintaksis. Karena peneliti menemukan banyak kesalahan interferensi sintaksis dalam kitab Al-Wahdah Al-Lughah Al-Arabiyah.
Adapun tujuan daripada penelitian ini adalah mengetahui bentuk-bentuk interferensi sintaksis yang terjadi pada kitab al-Wahdah al-Lughah al-Arabiyah dengan menggunakan teknik analisis isi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya serta solusi yang digunakan untuk meminimalisir terjadinya interferensi sintaksis pada kitab al-Wahdah al-Lughah al-Arabiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun dalam pengumpulan data peneliti menempuh beberapa cara antara lain wawancara dan dokumentasi. Dan metode analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis isi.
Hasil dari penelitian ini adalah: kategori-kategori interferensi sintaksis yang terjadi pada kitab al-Wahdah al-Lughah al-Arabiyah, faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu terbiasa menggunakan bahasa ibu, terdapat perbedaan antara bahasa Arab dan bahasa Indonesia baik dari segi bahasa maupun budaya, kurangnya membaca teks-teks bahasa Arab, latar belakang penulis yang merupakan orang Indonesia, dan terbatasnya waktu penulisan kitab al-Wahdah al-Lughah al-Arabiyah. Serta solusi untuk mengurangi terjadinya interferensi pada kitab al-Wahdah al-Lughah al-Arabiyah yaitu guru menambah materi dari buku-buku lain, guru mereview kitab al-Wahdah al-Lughah al-Arabiyah untuk mengurangi kesalahan yang ada, memperbaiki pembelajaran kaidah bahasa Arab bagi siswa.
Dengan hasil tersebut diharapkan penulis kitab lebih teliti dalam penyusunan kalimat-kalimat bahasa Arab agar tidak terjadi kesalahan-kesalahan berbahasa sehingga dapat menjadikan siswa lebih menguasai bahasa Arab dengan baik dan benar. Dan guru lebih selektif dalam memilih bahan ajar, agar pembelajaran bahasa Arab berlangsung dengan efektif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Moh. Thohir | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bahasa Arab Pendidikan > Bahasa Arab Bahasa Arab > Tata Bahasa |
||||||
Keywords: | Analisis; Kitab Al Wahdah Al Lughah Al Arabiyah; Interferensi Sintaksis | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Mr. Supriyatno Hary | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2016 02:03 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2016 02:03 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4145 |
Actions (login required)
View Item |