Rekonsepsi makna kafir perspektif Elite Nahdliyin Jawa Timur dalam merespons isu pluralitas agama di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarifah, Fina (2020) Rekonsepsi makna kafir perspektif Elite Nahdliyin Jawa Timur dalam merespons isu pluralitas agama di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fina Syarifah_E01216012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh hasil rekomendasi Munas Konbes Nahdlatul Ulama tentang “Status non-Muslim dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Bernegara” yang mengundang beragam respons komunitas agama di Indonesia. Dengan fenomena tersebut, penulis bertujuan untuk mengetahui pemaknaan kafir perspektif Elite Nahdliyin Jawa Timur dalam merespons isu pluralitas agama serta bagaimana respons Elite Nahdliyin mengenai hasil rekomentasi tersebut. Kategori Elite Nahdliyin Jawa Timur dibagi menjadi dua kelompok yakni; struktural dan kultural. Hasil dari penelitian bahwa, Elite Nahdliyin merekonstruksi konsep kafir yang lebih lunak. Seseorang dikatakan kafir bukan hanya sebatas non-Muslim. Secara aqidah, Elite NU berkeyakinan siapapun yang belum bersyahadat di maknai kafir, sesuai ayat Qul yaa ayyuhal kaafiruun (QS. Al-Kafirun:1-6). Sedangkan pandangan konsep kafir dalam bermuamalah perlu diperjelas bahwa dalam Islam komunitas agama bukan hanya Muslim dan Kafir. Untuk menganalisis hasil penemuan data, penelitian ini menggunakan teori konstruksi sosial Peter Ludwig Berger dan Thomas Luckmann yang tidak menyatakan bahwa sebuah pemahaman seorang individu dinilai benar atau salah. Melainkan bagaimana proses Elite Nadhliyin merekonstruksi pemahaman warga Nahdliyin sehingga menjadi sebuah pemahaman subjektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarifah, Finafinaaasyr@gmai.comE01216012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rofiqar.alamin1972@gmail.com2025067201
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Konflik sosial
Toleransi Islam
Nahdlatul Ulama
Keywords: Kafir; Status Non-Muslim; Elite Nahdliyin; Pluralitas Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fina Syarifah
Date Deposited: 30 Jun 2020 02:58
Last Modified: 30 Jun 2020 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41611

Actions (login required)

View Item View Item