This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mutawadli’ah, Abidatul (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD AL FALAH SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (368kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
Bab 5.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (297kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam pembelajaran al-Qur’an di SD Al Falah Surabaya yang lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui problematika dan need assesment yang ada dalam pembelajaran al-Qur’an di SD Al Falah Surabaya; 2) mengetahui desain pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran al-Qur’an di SD Al Falah Surabaya; 3) mengetahui efektifitas pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran al-Qur’an di SD Al Falah Surabaya.
Metode penelitian yang digunakan untuk pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran al-Qur’an di SD Al Falah adalah jenis penelitian dan pengembangan (reseach and development). Beberapa tahap yang akan dilakukan dalam penelitian pengembangan ini adalah (1) Melakukan penelitian pendahuluan dengan mengidentifikasi kebutuhan, (2) Mengumpulkan data dan informasi, (3) Menyusun bahan ajar al-Qur’an bagi siswa kelas 1 SD Al Falah yang masih tahap awal belajar al-Qur’an, (4) Validasi produk, (5) Melakukan revisi produk pasca validasi, (6) Melakukan uji coba bahan ajar, (7) Melakukan revisi bahan ajar berdasarkan hasil uji coba, dan (8) Membuat bahan ajar final. Validasi produk dilakukan oleh tim pengajar baca al-Qur’an, guru besar tafsir al-Qur’an, dan penghfala al-Qur’an. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi; lembar penilaian, pedoman wawancara dan catatan lapangan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa dengan adanya pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran al-Qur’an di SD Al Falah,telah dilakukan penilaian dengan sejumlah indikator yaitu kelayakan secara isi, kejelasan materi, ketepatan penulisan dan juga azas penyajian bahan ajar. Dari kerangka penilaian ini diharapkan mampu menghasilkan produk akhir yang valid. Dilihat dari efektifitas penggunaan bahan ajar buku Falahi secara prinsip cukup mampu meningkatkan kemampuan anak dalam pembelajaran al-Qur’an dengan tingkat peningkatan cukup signifikan. Hal tersebut terlihat dari hasil penilaian pretest dan postest siswa dan juga hasil munaqosah siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Achmad Muhibbin Zuhri | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media | ||||||
Keywords: | Bahan Ajar; Pembelajaran Al Quran; Media Belajar; Materi Pedidikan | ||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 28 Jan 2016 06:56 | ||||||
Last Modified: | 28 Jan 2016 06:56 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4162 |
Actions (login required)
View Item |