Penerapan manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius di MAN 3 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiro, Lailatul (2020) Penerapan manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius di MAN 3 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Maghfiro_D93216052.pdf

Download (3MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, tantangan-tantangan yang dihadapi dunia pendidikan semakin beragam, terutama dalam sisi kebudayaan. Potensi resistensi masuknya berbagai macam budaya, terutama budaya-budaya yang memiliki pengaruh negatif seperti budaya-budaya Barat yang dikenal dengan istilah Hedonisme. Sebagai upaya dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan tuntutan tugas seseorang terutama untuk menjawab tantangan masa depan, pengembangan SDM merupakan keharusan mutlak. Dan untuk sekolah-sekolah yang berbasis Islam, pengembangan SDM yang berbasis religius juga sangat penting. Dengan MSDM yang memiki ciri khas budaya religius di dalamnya membuat sekolah atau organisasi memiliki kekuatan yang lebih berdaya guna dan mampu menyeimbangi tantangan-tantangan budaya yang masuk di dalam pendidikan, selain itu juga agar menjadi ciri khas sekolah yang sulit ditiru oleh organisasi lain. MAN 3 Jombang merupakan salah satu madrasah yang menerapkan manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius. Teori yang di gunakan adalah teori Raymond A. Noe untuk fokus penerapan MSDM dan menggunakan teori Alexandra Landmann untuk fokus budaya religius. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah MAN 3 Jombang menerapkan budaya religius seperti pembiasaan 3S (salam, salaman, sholat dhuha dan dhuhur berjamaah), khotmil Qur’an, pengajian ASWAJA, PHBI, istighasah, sowan dan tawassul kepada Masayikh Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, MAN 3 Jombang menerapkan MSDM berbasis budaya religius dalam perencanaan SDM, penarikan, pemilihan (seleksi), pengembangan dan pelatihan, kompensasi, serta separasi. Manajemen sumber daya manusia berbasis budaya religius yang diterapkan di MAN 3 Jombang, sangat baik dan menjadi ciri khas MAN 3 Jombang.

Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Budaya Religius

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiro, Lailatulrenjanalaila@gmail.comD93216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia: Budaya Religius.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Lailatul M Maghfiro Laila
Date Deposited: 13 Jul 2020 10:17
Last Modified: 13 Jul 2020 10:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41799

Actions (login required)

View Item View Item