Analisis hukum islam tentang pengelolaan zakat profesi di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tuban dan Lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Nurul (2020) Analisis hukum islam tentang pengelolaan zakat profesi di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tuban dan Lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Afifah_C86215025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Islam Tentang Pengelolaan Zakat Profesi Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tuban dan Lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat Kabupaten Tuban”. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana pengelolaan zakat profesi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tuban? Bagaimana pengelolaan zakat profesi di Lembaga Amil Zakat Nasional Nurul Hayat Kabupaten Tuban? dan bagaimana analisis hukum Islam tetang pengelolaan zakat profesi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tuban dan Lembaga Amil Zakat Kabupaten Tuban?. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui editing, organizing, dan analizing. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pola pikir induktif yang disusun dengan sistematis, sehingga menjadi data yang konkrit mengenai pengelolaan zakat profesi di BAZNAS Tuban dan LAZNAS Nurul Hayat Kab. Tuban. Kemudian data yang dihasilkan, diolah dan dianalisis menggunakan hukum Islam. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, Pengelolaan zakat profesi di BAZNAS Tuban mengacu pada UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, yang memberikan kesempatan amil untuk mengelola zakat secara kompeten dan amanah yang bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat khususnya zakat profesi, dan pengumpulan zakat diambil dari ASN, Pegawai Perusahaan kemudian dikelola BAZNAS sesuai dengan syariat Islam. Sedangkan Pengelolaan zakat profesi di LAZNAS Nurul Hayat Tuban mengelola zakat profesi mengacu SK Menteri Agama RI nomor 224 tahun 2015 tentang Pemberian izin Yayasan Nurul Hayat sebagai Lembaga Amil Zakat Berskala Nasional dengan melakukan pengelolaan zakat secara profesional, dalam mengelola dan mendistribusikan zakat khususnya zakat profesi, lembaga ini mengandalkan dari pihak individual atau muzaki dari kalangan orang yang mampu, dan dari lembaga yang melakukan kerjasama dalam menyalurkan zakat. Melalui programnya secara tidak langsung memberikan kontribusi untuk melakukan aksi sosial kesejahteraan ekonomi umat Islam. Pengelolaan zakat profesi di BAZNAS maupun LAZNAS Nurul Hayat mengacu pada dasar al-Qur’an yang mana dalam pendistribusian dan pendayagunaan zakat terdapat dalam QS. at-Taubah:60. Oleh karena itu, tinjauan hukum Islam sangatlah penting sebagai pedoman untuk melakukan pengelolaan zakat secara baik dan benar. Berdasarkan dari kesimpulan di atas, diharapkan BAZNAS Tuban dan LAZNAS Nurul Hayat Kabupaten Tuban ke depannya semakin maju menjadi lembaga amil zakat yang profesional serta menjadi lembaga amil zakat yang senantiasa dipercaya oleh umat dalam menunaikan zakat, infaq dan sadaqah. Serta semakin kreatif dan inovatif dalam pengelolaan dana ZIS dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan membebaskan umat Islam dari kemiskinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Nurulafifahnurul673@gmail.comC86215025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafa'at, Abdul Kholiqkholiqsy@yahoo.com2005067104
Subjects: Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: nurul afifah
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:49
Last Modified: 20 Jul 2020 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41877

Actions (login required)

View Item View Item