دراسة مقارنة بين الشخصية المنبسطة والشخصية المنغلقة على نتائج تعلّم اللّغة العربية لطلاب الصف الثامن بمدرسة محمدية السابعة عشرة المتوسّطة سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khofifah, Umi Milatul (2020) دراسة مقارنة بين الشخصية المنبسطة والشخصية المنغلقة على نتائج تعلّم اللّغة العربية لطلاب الصف الثامن بمدرسة محمدية السابعة عشرة المتوسّطة سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Milatul Khofifah_D72213077.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang Perbandingan Antara Kepribadian Ekstrovert dan Kepribadian Introvert terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 17 Surabaya, salah satu sekolah swasta yang berbasis billingual yang mana bahasa kedua yang digunakan adalah bahasa arab, dalam pembelajaran ada faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran, yaitu faktor ekternal dan faktor internal. Faktor eksternal adalah faktor dari luar, seperti: guru, metode pembelajaran, media pembelajaran, sekolah, dukungan orangtua lingkungan dan lain-lain. Sedangkan faktor internal adalah dalam diri sendiri, seperti: gender, kepribadian motivasi, sikap dan lain-lain. Dari faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran tersebut, peneliti ingin mengetahui pengaruh dari faktor kepribadian disini peneliti memilih kepribadian menurut eysenk yang ada dua yaitu ektrovert dan introvert terhadap hasil belajar bahasa arab. Dalam penelitain ini peneliti ingin mengetahui: 1) Bagaimana hasil belajar bahasa arab dengan kepribadian ektrovert siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 17 Surabaya, 2) Bagaimana hasil belajar bahasa arab dengan kepribadian introvert siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 17 Surabaya, 3) bagaimana perbandingan antara kepribadian entrovert dan kepribadian introvert atas hasil belajar bahasa arab pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 17 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes kepribadian dan tes kemampuan bahasa arab dengan menggunakan soal ujian akhir semester ganjil. Untuk mengetahui perbandingan antara kepribadian ekstrovert dan introvert terhadap hasil belajar bahasa arab adalah menggunakan rumus independent sample t- test dengan menggunakan 30 siswa sebagai sampel, yang merupakan jumlah seluruh siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan antara kepribadian ektrovert dan kepribadian introvert terhadap hasil belajar bahasa arab perbandingannya tidak begitu signifikan, hal ini bisa dilihat dari analisis yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa: T-hitung=(-1.104) < T-tabel (2.000) dengan perbandingan mean (82,2 -77,0 = 5,2). Maka Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada perbedaan hasil belajar bahasa arab antara kepribadian ektrovert dan kepribadian introvert siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 17 Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khofifah, Umi Milatulumimilatul@gmail.comD72213077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Thesis advisorMuflihah, Muflihahserol_seril@yahoo.com2012067602
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Kepribadian
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Kepribadian Ektrover; Kepribadian Introvert; Hasil Belajar; Bahasa Arab; Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UMI MILATUL KHOFIFAH
Date Deposited: 22 Jul 2020 10:24
Last Modified: 22 Jul 2020 10:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41891

Actions (login required)

View Item View Item