Pengaruh sistem zonasi sekolah terhadap tingkat kepuasan peserta didik memilih sekolah di SMA Negeri 12 Surabaya tahun pelajaran 2019/2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatillah, Fatichah (2020) Pengaruh sistem zonasi sekolah terhadap tingkat kepuasan peserta didik memilih sekolah di SMA Negeri 12 Surabaya tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatichah Rohmatillah_D93216045.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem zonasi dan tingkat kepuasan peserta didik memilih sekolah di SMA Negeri 12 Surabaya serta pengaruh adanya kebijakan sistem zonasi sekolah terhadap kepuasan peserta didik memilih sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis kuantitatif korelasi. Subjek penelitian ini adalah guru penyelenggara penerimaan peserta didik melalui sistem zonasi di SMA Negeri 12 Surabaya. Objek penelitian ini adalah tingkat kepuasan peserta didik memilih sekolah di SMA Negeri 12 Surabaya. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA dan IPS yang berjumlah 60 siswa dipilih secara acak setiap kelas 6 orang siswa. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu sistem zonasi (X) dan tingkat kepuasan pesera didik (Y). Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji-t satu sampel, uji linier, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pelaksanaan sistem zonasi di SMA Negeri 12 Surabaya sudah terlaksana dengan baik, sarana dan prasarana pendukung kebijakan sudah sesuai. Hal ini juga mengacu pada hasil rata-rata sebesar 38,317 dan hasil t-hitung sebesar 29,196 (2) tingkat kepuasan peserta didik di SMA Negeri 12 Surabaya menunjukkan hasil analisis yang cukup baik. Hal ini juga mengacu pada hasil rata-rata sebesar 2,7758 dan hasil t-hitung sebesar 29,20. (3) terdapat pengaruh yang cukup besar antara sistem zonasi terhadap tingkat kepuasan peserta didik, hal ini sesuai dengan hasil analisis independent sample t-test dengan t-hitung sebesar 1,848 > 1,655 dengan presentase sebesar 56%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatillah, Fatichahfatichah98@gmail.comD93216045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorRifa'i, Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Sistem zonasi; Kepuasan peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fatichah Rohmatillah
Date Deposited: 22 Jul 2020 06:16
Last Modified: 24 Jul 2020 03:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41896

Actions (login required)

View Item View Item