Analisis pemberdayaan objek wisata alam pantai perspektif ekonomi pembangunan Islam : studi kasus desa Karimunting Sungai Raya Kepulauan Bengkayang Kalimantan Barat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2020) Analisis pemberdayaan objek wisata alam pantai perspektif ekonomi pembangunan Islam : studi kasus desa Karimunting Sungai Raya Kepulauan Bengkayang Kalimantan Barat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah_G94216137.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), yakni peneliti mencari sumber data dari lapangan secara langsung. Data lapangan tersebut diperoleh dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan reduksi data, penyajian data, serta verivikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa dengan adanya pemberdayaan melalui pengelolaan objek wisata pantai yang ada di Desa Karimunting mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan membantu dalam pembangunan ekonomi di Desa. Dampak dari pemberdayaan wisata pantai tersebut adalah berkembangnya sektor perdagangan, terciptanya banyak lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatn masyarakat di Desa Karimunting. Oleh karenanya, dalam konsep Ekonomi Pembangunan Islam adanya pemberdayaan Objek wisata alam pantai di Desa ini telah mencakup konsep tauhid, aspek pembangunan, fokus utama, dan peran negara terhadap pembangunan. Dengan adanya pemberdayaan objek wisata alam pantai diharapkan masyarakat di Desa Karimunting mampu memaksimalkan potensi alam dan sumber kekayaan alam yang ada di Desa sehingga mampu menghasilkan lebih banyak pendapatan serta membangun daerah dan ekonomi masyarakat. Seperti eksploitasi hasil alam dari laut dan kebun, pengembangan UKM dan UMKM di sekitar wisata sebagai sarana peningkatan perdagangan dan penambahan lapangan kerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunuusalhasan258@gmail.comG94216137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Ekonomi Islam
Pemberdayaan
Pariwisata
Keywords: Pemberdayaan; Wisata Pantai; Ekonomi Pembangunan Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 02 Aug 2020 09:41
Last Modified: 02 Aug 2020 09:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42043

Actions (login required)

View Item View Item