Analisis laju dan daya serap tanaman bambu air (Equisetum Hyemale l.) terhadap logam berat timbal (pb) dengan instrumen aas (Atomic Absorption Spectroscopy)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisa, Fitri (2020) Analisis laju dan daya serap tanaman bambu air (Equisetum Hyemale l.) terhadap logam berat timbal (pb) dengan instrumen aas (Atomic Absorption Spectroscopy). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Anisa_H71216056.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pencemaran air salah satunya diakibatkan oleh logam berat yakni timbal. Pencemaran logam ini dapat mengakibatkan biota yang hidup diperairan mengalami gangguan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan alternatif pengolahan dan pengaplikasian yang efektif untuk mengolah limbah, salah satunya dengan mengggunakan fitoremediasi. Fitoremediasi adalah suatu teknik yang digunakan untuk menghilangkan, menstabilkan, dan menghancurkan bahan pencemar organik maupun non organik dengan bantuan tumbuhan sebagai agen fitoremedisinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan, laju penyerapan, dan daya serap tanaman bambu air terhadap logam timbal dengan konsentrasi yang berbeda. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL). Penelitian dilakukan dengan memapar tanaman bambu air pada logam artifisial timbal yang berbeda konsentrasi selama 15 hari. Empat perlakuan berbeda terdiri dari konsentrasi 0 ppm, 1 ppm, 3 ppm, dan 5 ppm. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa kadar logam Pb artifisial mengalami penurunan. Laju penyerapan nilai paling tinggi terdapat pada konsentrasi 5 ppm yaitu sebesar 14.2974 mg/kg/hari. uji statistik laju penyerapan pada konsentrasi 0 ppm, 1 ppm, 3 ppm, dan 5 ppm didapatkan nilai signifikan 0,043 atau p<0.05 yang artinya terdapat perbedaan laju penyerapan pada setiap konsentrasi logam berat timbal (Pb). Daya serap yang memiliki presentase yang paling tinggi 1 ppm dengan rata-rata 85,8%. uji statistik laju penyerapan pada konsentrasi 0 ppm, 1 ppm, 3 ppm, dan 5 ppm didapatkan nilai signifikan 0,000 atau p<0.05 yang artinya terd apat perbedaan daya serap pada setiap konsentrasi logam berat timbal (Pb).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisa, Fitrifitrianisa.fa36@gmail.comH71216056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFirdhausi, Nirmala Fitrianirmala_firdhausi@yahoo.com2025068501
Thesis advisorAgustina, Evaagustina.eva001@gmail.com2030088901
Subjects: Biologi
Keywords: Fitoremediasi; Equisetum hyemalle; Logam Timbal; Laju Penyerapan; Daya Serap.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Fitri Anisa
Date Deposited: 19 Aug 2020 13:41
Last Modified: 19 Aug 2020 13:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42055

Actions (login required)

View Item View Item