Penerapan pembelajaran literasi dasar dalam perkembangan bahasa anak kelompok B di TK Harapan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firda, Dinda (2020) Penerapan pembelajaran literasi dasar dalam perkembangan bahasa anak kelompok B di TK Harapan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dinda Firda_D08216009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tentang penerapan pembelajaran literasi dasar dalam perkembangan bahasa anak kelompok B di TK Harapan Surabaya ini bertujuan untuk memotret bagaimana penerapan pembelajaran literasi dasar anak di kelas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang terdiri dari 6 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga sampai pada kesimpulan dan data yang berbentuk deskriptif. Penyajian data tersebut diuraikan dalam bentuk kesimpulan. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan dapat diambil kesimpulan, bahwa guru sebelum melaksanakan pembelajaran, ia memberi pijakan terlebih dahulu untuk menstimulus, memberi dan menggali pengetahuan dan pengalaman bermain anak. Dalam pembelajaran literasi dasar, guru mengembangkan kemampuan bahasa yaitu kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Melalui penerapan pembelajaran literasi dasar, guru memberikan empat komponen bahasa untuk menumbuhkan perkembangan kemampuan berbahasa anak kelompok B di TK Harapan Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firda, Dindadindafirdaa05@gmail.comD08216009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Anak
Belajar
Keywords: Pembelajaran Literasi; Perkembangan Bahasa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Dinda Firda
Date Deposited: 01 Aug 2020 07:47
Last Modified: 01 Aug 2020 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42069

Actions (login required)

View Item View Item