Efektivitas penerapan metode kooperatif model make a match bagi hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 07 Takerharjo Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yani, Sri Rahayu Dinda (2020) Efektivitas penerapan metode kooperatif model make a match bagi hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 07 Takerharjo Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Rahayu Dinda Yani_D01216034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini masalah yang diangkat yakni: Bagaimana penerapan Metode Kooperatif Model Make A Match pada mata pelajaran SKI, bagaimana efektivitas metode Kooperatif Model Make A Match bagi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 07 Takerharjo Lamongan. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah sampel adalah populasi kelas VII yaitu sebanyak 23. Lokasi yang diteliti bertempat di MTs Muhammadiyah 07 Takerharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan analisis product moment. Peneliti membuktikan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan Metode Kooperatif Model Make A Match pada mata pelajaran SKI termasuk baik yaitu mencapai nilai rata-rata 89,2. Hal ini juga bisa dilihat dari observasi aktivitas siswa yang diperoleh nilai rata-rata cukup baik yaitu 75. Dari hasil tes menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tergolong baik yaitu nilai rata-rata 8,26 yang mengacu pada kriteria nilai raport. Dari data hasil tes tulis siswa dianalisis menggunakan product moment, didapatkan rxy = 0,68 tergolong berefektiv sedang yang berpedoman pada tabel interpretasi product moment yang terletak pada interval antara 0,600 sampai dengan 0,800, dan untuk menguji apakah hipotesis penelitian ini diterima atau ditolak, peneliti membandingkan nilai rxy = 0,68 dengan r tabel sisnifikansi 5% = 0,433 dan pada taraf signifikansi 1% = 0,549. Disini dapat dilihat bahwa nilai rxy lebih besar dari nilai r tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Penerapan Metode Kooperatif Model Make A Match bagi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 07 Takerharjo Lamongan berefektiv sedang yang mana dapat dilihat dari proses belajar siswa yang cukup aktif dan cara siswa mendengarkan penjelasan guru serta mampu mencocokkan pertanyaan dan jawaban yang benar sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam tergolong baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yani, Sri Rahayu Dindadindayani216@gmail.comD01216034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Belajar
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Metode Kooperatif Model Make A Match: Hasil Belajar: Sejarah Kebudayaan Islam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Rahayu Dinda Yani
Date Deposited: 02 Aug 2020 06:14
Last Modified: 10 Sep 2020 12:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42074

Actions (login required)

View Item View Item