Pendidikan islam perspektif Sunan Kalijaga : studi tentang nilai Dakwah Sunan Kalijaga dalam perspektif pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arofah, Ika Nuril (2020) Pendidikan islam perspektif Sunan Kalijaga : studi tentang nilai Dakwah Sunan Kalijaga dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Nuril Arofah_D91216057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Munculnya ide untuk melakukan penelitian mengenai “Pendidikan Islam Perspektif Sunan Kalijaga (Studi Tentang Nilai Dakwah Sunan Kalijaga Dalam Perspektif Pendidikan Islam)” adalah dilatarbelakangi oleh perhatian penulis terhadap pendidik dan anak-anak muda yang enggan memberikan perhatian terhadap kesenian yang merupakan warisan dari para wali penyebar Islam di Nusantara. Kesenian yang mulanya digunakan oleh para wali sebagai sebuah strategi menyiarkan dakwah Islam di Nusantara, khususnya pulau Jawa. dari sini penulis tertarik mengangkat salah satu tokoh Walisongo, Sunan Kalijaga yang telah menuai kesuksesan besar dalam menyebarkan agama Islam serta menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam melalui strateginya yang memanfaatkan budaya (culture) dan kesenian. Dalam hal ini penulis akan menggali, mempelajari dan menganalisa cara Sunan Kalijaga dalam strategi dakwahnya, sehingga memunculkan nilai-nilai Islam, yang nantinya bisa dijadikan sebagai perbaikan dan pengembangan pendidikan Islam kedepannya. Penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan (library research) dengan menggunakan berbagai karya tulis yang berupa rekam jejak Sunan Kalijaga sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis-filosofis yang berdasarkan pada peristiwa sejarah dan ajarannya. Penulis menggunakan beberapa teori seperti teori nilai, teori pendidikan Islam dan teori dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan substansi dakwah dan nilai-nilai dalam dakwah Sunan Kalijaga. Setelah melakukan peneilitian, peneliti menemukan substansi dakwah Sunan Kalijaga yang melalui kesenian wayang, tembang, upacara keagamaan , seni pakaian dan saka tatal. Peneliti juga menemukan nilai-nilai dalam dakwah Sunan Kalijaga, diantaranya seperti nilai aqidah (tauhid), akhlak, ibadah dan syariah (sosial).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arofah, Ika Nurilikanurilarofah0@gmail.comD91216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Dakwah > Dakwah - Islam
Pendidikan Islam
Keywords: Nilai Dakwah: Pendidikan Islam: Sunan Kalijaga.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IKA NURIL AROFAH
Date Deposited: 06 Aug 2020 10:05
Last Modified: 10 Sep 2020 13:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42075

Actions (login required)

View Item View Item