Amal ahl al madinah: studi Metode Ijtihad Imam Malik b. Anas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzammil, Iffah (2014) Amal ahl al madinah: studi Metode Ijtihad Imam Malik b. Anas. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffah Muzammil_Amal ahl al madinah.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/42096

Abstract

‘Amal Ahl al-Madinah adalah salah satu dalil hukum yang digunakan Malik dalam metode ijtihadnya. Malik adalah seorang mujtahid besar, yang lahir, besar, dan wafat di Madinah. Lahir tahun 93 H dan wafat 179 H, hampir seumur hidupnya ia tidak pernah meninggalkan Madinah. Permasalahan yang perlu dijawab dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana teori Malik tentang ‘amal ahl al-Madinah? (2) Bagaimana basis metodologis teori tersebut ? (3) Bagaimana kedudukannya sebagai dalil hukum ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data pustaka. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan us{ul fiqh. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan: Pertama, ‘amal ahl al-Madinah merupakan praktek hukum yang dijalankan masyarakat Madinah yang berlangsung sejak era Nabi hingga tabi’in atau tabi’ al-tabi’in menurut riwayat lain. Dalam metode ijtihadnya, Malik menempatkannya sebagai salah satu dalil hukum, baik‘amal ahl al-Madinah tersebut bersumber dari riwayat maupun bersumber dari ijtihad. Kedua, Malik membangun teori ini atas asumsi bahwa ‘amal ahl al-Madinah merupakan kristalisasi ajaran Rasul yang dijalankan secara turun temurun. Dengan demikian, ia memandang ‘amal ahl al-Madinah dalam posisi sebagai sunnah atau ijma’. Inilah basis metodologis teori ‘amal ahl al-Madinah. Ketiga, berdasarkan asumsi di atas, sebagai dalil hukum, ‘amal ahl al-Madinah memiliki kekuatan qat{’i karena ia muncul dari riwayat yang mutawatir. Oleh sebab itu, kekuatan ‘amal ahl al-Madinah ‘mengalahkan’ kekuatan khabar ah{ad, bahkan menjadi alat ukur untuk menilai kesahihan sebuah khabar ah{ad sekaligus menjadi alat ukur untuk menilai kesahihan sebuah dalil ketika terjadi pertentangan. Posisi Madinah sebagai kota Nabi yang otomatis merupakan kota wahyu memberi pengaruh sangat kuat pada lahirnya teori tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzammil, Iffahbintimuzammil@gmail.com2013076902
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Ijtihad
Keywords: Amal Ahl al Madinah; Metode Ijtihad; Mutawatir
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Aug 2020 05:14
Last Modified: 03 Aug 2020 05:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42096

Actions (login required)

View Item View Item