Qoer-an Soetji : studi Metodologi HOS Tjokroaminoto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Asyiqulloh, Ahmad Tsiqqif (2020) Qoer-an Soetji : studi Metodologi HOS Tjokroaminoto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Tsiqqif Asyiqulloh_E93216099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam Penelitian ini dirumuskan beberapa tujuan untuk mengenalkan salah satu karya terjemah tafsir pada masa kolonial dan juga menjawab dugaan negatif terhadap kehadiran Qoer-an Soetji yang katanya tidak sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan berbagai kepustakaan sebagai referensi terkait objek penelitian. Lalu data dijabarkan secara narasi verbal. Objek pembahasan penelitian ini adalah terkait Qoer-an Soetji, metode terjemahan tafsirnya, dan hal-ihwal sosio hadirnya Qoer-an Soetji yang kontroversi. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa terjemah yang dilakukan Hadji Oemar Said Tjokroaminoto yakni menggunakan model terjemah harfiyah yang juga dipadukan dengan metode terjemah tafsiriyah. Perpaduan metode terjemah yang dilakukan HOS Tjokroaminoto yakni untuk mempermudah mempelajari kandungan dari tafsir yang dialih bahasakan sesuai kultur masyarakat. Tuduhan negatif terkait hadirnya terjemah tafsir Qoer-an Soetji terbukti salah. Tuduhan negatif tersebut ditujukan pada HOS Tjokroaminoto karena semata hal-hal berbau politis. Karena semenjak proyek terjemah tafsir Qoer-an Soetji dicekal, beberapa tahun selanjutnya justru terjemah dari The Holy Quran banyak dicari oleh kalangan intelektual dan dikonsumsi baik oleh masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Asyiqulloh, Ahmad Tsiqqiftsiqqif.asyiq@gmail.comE93216099
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Manuskrip
Al Qur'an
Keywords: Terjemah; Tafsir; HOS Tjokroaminoto; Qoer-an Soetji.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Tsiqqif 'Asyiqulloh
Date Deposited: 09 Aug 2020 12:25
Last Modified: 09 Aug 2020 12:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42105

Actions (login required)

View Item View Item