Pengaruh kemudahan penggunaan, kemanfaatan, dan kepercayaan Majelis Taklim Hayatul Ilmi Surabaya terhadap minat menggunakan flip.id dengan perspektif hifdzul mal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Athiyyah Anisa (2020) Pengaruh kemudahan penggunaan, kemanfaatan, dan kepercayaan Majelis Taklim Hayatul Ilmi Surabaya terhadap minat menggunakan flip.id dengan perspektif hifdzul mal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Athiyyah Anisa Putri_G04216010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat menggunakan Flip.id dengan perspektif hifdzul mal. (2) Pengaruh kemanfaatan terhadap minat menggunakan Flip.id dengan perspektif hifdzul mal. (3) Pengaruh kepercayaan terhadap minat menggunakan Flip.id dengan perspektif hifdzul mal. (4) Pengaruh kemudahan penggunaan, kemanfaatan, dan kepercayaan secara simultan terhadap minat menggunakan Flip.id dengan perspektif hifdzul mal. Penelitian ini merupakan replikasi dan pengembangan model Technology Acceptance Model (TAM) dari penelitian sebelumnya. Penelitian ini termasuk penelitian dengan hubungan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah ibu - ibu Majelis Taklim Hayatul Ilmi yang berada di kota Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitasnya, dan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, yang mana dengan perhitungan regresi Y = 1,061-0,019 X1 + 0,044 X2 + 0,096 X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemudahan penggunaan berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan Flip.id, dibuktikan dari signifikansi 0,479 > 0,05; (2) Kemanfaatan berpengaruh berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan Flip.id, dibuktikan dari signifikansi 0,065 > 0,05; (3) Kepercayaan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan Flip.id, dibuktikan dari signifikansi 0,000 < 0,05; (4) Kemudahan penggunaan, kemanfaatan, dan kepercayaan secara simultan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan Flip.id, dibuktikan dari tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan hifdzul mal yang mana pengaruh tinggi kepercayaan sesuai dengan melindungi hak kepemilikan dan mengikuti ketentuan harta yang terdistribusi, mencapai maslahah yang dibutuhkan. Saran dari hasil penelitian ini, lebih mempersiapkan secara baik dalam memahami karakteristik dari obyek yang akan diteliti agar hasilnya berpengaruh, kemudian penulis diharapkan memiliki perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasidari hasil pengambilan data pada penelitian dari kuesioner yang sudah disebarkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Athiyyah Anisaanisaputri311097@gmail.comG04216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPermadi, Andhyandhy@uinsby.ac.id198110142014031002
Subjects: Ekonomi Islam
Organisasi Masyarakat
Teknologi
Keywords: Kepercayaan: Minat: Hifdzul Mal
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Athiyyah Anisa Putri
Date Deposited: 05 Aug 2020 08:07
Last Modified: 05 Aug 2020 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42130

Actions (login required)

View Item View Item