Analisis peramalan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang Dollar dan Yuan dengan menggunakan metode Fuzzy Time Series Markov Chain

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amalutfia, Safira Yasmin (2020) Analisis peramalan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang Dollar dan Yuan dengan menggunakan metode Fuzzy Time Series Markov Chain. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safira Yasmin Amalutfia_H72216068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai tukar rupiah pernah terdepresiasi sebesar 70% pada tahun 1998 hingga terjadi krisis ekonomi yang disebabkan oleh menurunnya pertumbuhan ekonomi mencapai angka -13.1%. Besar atau kecilnya angka nilai tukar akan sangat berpengaruh dalam kestabilan perekonomian suatu negara. Oleh karenanya, diperlukan suatu peramalan untuk mengetahui bagaimana keadaan nilai tukar untuk beberapa periode kedepan untuk meminimalisir terjadinya krisis ekonomi terulang kembali. Mata Uang yang digunakan dalam penelitian ini adalah mata uang dollar dan yuan. Metode yang digunakan dalam melakukan peramalan nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar dan yuan adalah fuzzy time series markov chain. Metode fuzzy time series markov chain ini merupakan gabungan dari metode fuzzy time series dengan markov chain, dimana dalam metode fuzzy time series markov chain dapat meminimalisir adanya error dari suatu hasil peramalan. Hasil perhitungan error kurs jual dollar, kurs beli dollar, kurs jual yuan, dan kurs beli yuan masing masing adalah 0.53%, 0.48%, 0.42%, dan 0.41%. Dari hasil error yang didapatkan pada masing-masing data membuktikan bahwa model yang dibentuk dari fuzzy time series markov chain pada data nilai tukar rupiah terhadap mata uang dollar dan yuan berada pada kriteria peramalan sangat baik, sehingga dapat dilakukan prediksi pada periode selanjutnya. Hasil prediksi nilai tukar rupiah terhadap dollar menunjukkan pergerakan dari minggu ke minggu yang semakin melemah, sedangkan pada prediksi nilai tukar rupiah terhadap yuan menunjukkan pergerakan dari minggu ke minggu yang semakin menguat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amalutfia, Safira Yasminsafira.amalutfiayasmin@gmail.comH72216068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@gmail.com2004028001
Subjects: Ekonomi
Matematika
Teknologi
Keywords: nilai tukar; fuzzy time series markov chain; MAPE
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Safira Yasmin Amalutfia
Date Deposited: 07 Aug 2020 03:59
Last Modified: 07 Aug 2020 03:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42179

Actions (login required)

View Item View Item