This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hasanah, Tholiatul (2015) BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI BIMBINGAN KARIR DALAM MEMOTIVASI SEORANG REMAJA UNTUK MELANJUTKAN STUDI DI SIDOMULYO MODO LAMONGAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (603kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya motivasi seorang remaja untuk melanjutkan studi di desa Sidomulyo Modo Lamongan?, (2) Bagaimana proses pelaksanaan bimbingan konseling islam melalui bimbingan karir dalam memotivasi seorang remaja untuk melanjutkan studi di desa Sidomulyo Modo Lamongan?, (3) Bagaimana hasil akhir dari pelaksanaan bimbingan konseling islam melalui bimbingan karir dalam memotivasi seorang remaja untuk melanjutkan studi di desa Sidomulyo Modo Lamongan?.
Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus melalui observasi, wawancara, dokumentasi kemudian di analisa dengan menggunakan analisa deskriptif komparatif. Untuk mengetahui faktor-faktor menggunakan analisis deskriptif, sedangkan untuk mengetahui proses dan hasil akhir menggunakan analisis deskriptif komparatif yakni membandingkan antara hasil lapangan dengan teori serta membandingkan kondisi klien sebelum dan sesudah dilaksanakanya proses konseling.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa faktor-faktor penyebab kurangnya motivasi dalam melanjutkan studi adalah: kurang adanya perhatian dari kedua orang tua, penolakan oleh ibu klien ketika klien menginginkan sekolah di SMA/SMK Negeri, tidak tercapainya harapan klien melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Negeri. Sedangkan proses bimbingan konseling islam melalui bimbingan karir adalah melalui identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment/terapi dan follow up/evaluasi. Pada penelitian ini, proses bimbingan konseling islam dengan cara pemberian motivasi yaitu mengajak klien untuk berfikir positif sedangkan bimbingan karir berupa teori gelatt’s dengan langkah yaitu dimulai apabila individu mengenal suatu kebutuhan untuk mengambil suatu keputusan, kemudian menentukan suatu sasaran atau tujuan, individu perlu mengumpulkan data dan mengadakan survey tentang kemungkinan bidang kegiatan, melibatkan penggunaan data dalam menentukan kemungkinan bidang kegiatan, hasil-hasil, dan kemungkinan keberhasilan, mengestimasi hasil-hasil yang dikehendaki, perhatian dipusatkan pada sistem individu, keterlibatan konselor dalam mengevaluasi dan menseleksi terhadap rencana yang di buat oleh klien.
Sedangkan hasil akhir dari proses konseling terhadap klien dalam penelitian ini di kategorikan cukup berhasil dengan prosentase 70% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan sikap atau perilaku klien yang semula lebih suka murung melamun, cuek sekarang lebih ramah tidak melamun dan tidak cuek, dan mulai bisa bersikap ramah dengan kakek dan neneknya dan keluarganya
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Ragwan Albaar | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Bimbingan Penyuluhan Bimbingan Konseling |
||||||
Keywords: | Bimbingan Konseling Islam; Bimbingan Karir; Motivasi; Melanjutkan Studi | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam | ||||||
Depositing User: | Users 18 not found. | ||||||
Date Deposited: | 29 Jan 2016 01:01 | ||||||
Last Modified: | 29 Jan 2016 01:01 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4223 |
Actions (login required)
View Item |