STRATEGI PEMBENTUKAN SIKAP MODERAT SANTRI : STUDI DI PONDOK PESANTREN NGALAH PURWOSARI PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yaqin, Muhammad Ainul (2015) STRATEGI PEMBENTUKAN SIKAP MODERAT SANTRI : STUDI DI PONDOK PESANTREN NGALAH PURWOSARI PASURUAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bangsa Indonesia yang mempunyai macam agama dan budaya yang akan menimbulkan beragam peradapan kehidupan yang tidak sama pula. Pemahaman masing-masing golongan mempunyai visi misi tidak sama yang menonjolkan egois sendiri-sendiri dalam menyebarkannya karena merasa dirinya paling benar sehingga bersikap radikal dan ekstrim. Menanggapi persoalan seperti ini perlu disikapi dengan serius dengan pemahaman moderat yang berarti tidak radikal dalam bertindak, memilih tengah-tengah dalam menyelesaikan masalah, keseimangan antara keyakinan dan toleransi pada setiap perbedaan. Strategi pembentukan sikap moderat santri di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan yang merupakan judul penelitian tesis ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembentukan sikap moderat santri di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta bagaimana solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data dengan cara deskriptif. Hasil penelitian ini dalam strategi pembentukan sikap moderat santri di Pondok Pesantren Ngalah Purwosari dengan pendekatan teori kognisi dan teori social learning theory (teori belajar sosial) atau imitasi yang dijabarkan dalam proses perubahan sikap tiga cara diantaranya; difrensiasi, adopsi dan integrasi. Difrensiasi; Jalur Formal; memberikan pengetahuan bermacam-macam hukum sosial dan syari’at untuk menyikapi dengan bijaksana tetap moderasi pada sesama. Memberikan pengetahuan tasawwuf untuk tazkiyatun nafsî dan sebagai uswatun khasanah dalam bertindak sehingga berbuat baik pada sesama. Jalur Pendidikan informal yaitu pada pengajian tafsir jalalain dengan memberikan arahan dan bimbingan pengetahuan dan maklumat romo Kiai kepada santrinya dilarang keras mengikuti faham radikal, ektrim dan fundamental karena merupakan tindakan tidak prikemanusiaan. Adopsi; memberi penghormatan kepada semua tamu yang hadir non muslim maupun muslim dari luar negeri maupun dalam negeri sebagai bentuk toleransi dan menghargai sesama. Intgrasi; merupakan satu kesatuan pemahaman moderat atau keseimbangan keyakinan dan toleransi. Faktor pendukung yaitu adanya buku ajar dan buku pendamping, adanya warnet di lingkungan pondok pesantren dan masing-masing asrama dan adanya perpustakaan Madrasah Diniyah yang memuat berbagai kitab klasik bermadzhab empat dan kitab tasawuf. Faktor penghambat yaitu metode diskusi dikuasai oleh santri tertentu, pembelajaran bersifat klasikal atau bandongan kurang efektif dan efisien dan kemampuan bahasa inggris santri lemah, sedangkan solusi dari kekurangan tersebut ialah guru lebih aktif dalam memperhatikan siswa belajar, membuat club pembelajaran bahasa inggris

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Shonhaji Sholeh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yaqin, Muhammad AinulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Keywords: Pembentukan Sikap; Moderat; Santri; Pesantren
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Jan 2016 01:20
Last Modified: 29 Jan 2016 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4225

Actions (login required)

View Item View Item