Pengaruh pemahaman zakat, pendapatan, religiusitas, kepercayaan, dan lingkungan sosial Muzaki terhadap minat membayar zakat: studi pada pemilik kos di RW 05 Jemur Wonosari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardliyaturrohmah, Binti (2020) Pengaruh pemahaman zakat, pendapatan, religiusitas, kepercayaan, dan lingkungan sosial Muzaki terhadap minat membayar zakat: studi pada pemilik kos di RW 05 Jemur Wonosari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Binti Mardliyaturrohmah_C07216006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang apakah pemahaman zakat, pendapatan, religiusitas, kepercayaan, dan lingkungan sosial muzaki berpengaruh secara parsial terhadap minat membayar zakat zakat dan apakah pemahaman zakat, pendapatan, religiusitas, kepercayaan, dan lingkungan sosial muzaki berpengaruh secara simultan terhadap minat membayar zakat zakat. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil berjumlah 71 responden dengan menggunakan teknik propability sampling kemudian cara penarikan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS versi 25 yang digunakan untuk menguji beberapa uji seperti uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, uji linier berganda, uji hipotesis yang meliputi uji t (parsial), dan uji F (simultan). Hasil penelitian yang diperoleh adalah secara parsial variabel pemahaman zakat, pendapatan, dan religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat membayar zakat (studi pada masyarakat pemilik kos di RW 05 Jemur Wonosari Surabaya. Sedangkan variabel kepercayaan dan lingkungan sosial secara parsial berpengaruh terhadap minat membayar zakat (studi pada masyarakat pemilik kos di RW 05 Jemur Wonosari Surabaya. Dan pemahaman zakat, pendapatan, religiusitas, kepercayaan, dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat (studi pada masyarakat pemilik kos di RW 05 Jemur Wonosari Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan untuk LAZ lebih gencar lagi dalam mengadakan penyuluhan dan sosialisasi tentang zakat khususnya zakat kontemporer agar masyarakat luas lebih banyak yang faham tentang zakat kontemporer. Selain itu LAZ sangat penting dalam menjaga kinerjanya dengan baik dan LAZ diharapkan dapat menggandeng tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam keikutsertaan sosialisasi. Dan untuk peneliti selanjutnya, mengenai variabel-variabel yang digunakan untuk penelitian disarankan agar memfokuskan dalam membuat kuesioner, sehingga mendapatkan hasil yang pasti sesuai dengan fakta di lapangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardliyaturrohmah, Bintibintimardliyah12@gmail.comC07216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Zakat
Keywords: Zakat; Pendapatan; Religiusitas; Kepercayaan; :Lingkungan sosial Muzaki
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Binti Mardliyaturrohmah
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:09
Last Modified: 13 Aug 2020 04:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42257

Actions (login required)

View Item View Item