Peningkatan pemahaman materi na'at man'ut pada mata pelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan strategi tahlil al-akhta' siswa kelas V MI Nurussalam Patianrowo Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahdan, Muhammad Choiru (2020) Peningkatan pemahaman materi na'at man'ut pada mata pelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan strategi tahlil al-akhta' siswa kelas V MI Nurussalam Patianrowo Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Choiru Syahdan_D97216115.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemanahaman materi Na’at dan Man’ut siswa kelas V MI Nurussalam Patianrowo Nganjuk. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi menunjukkan bahwa dari 28 siswa 50% siswa yang Pemahaman Materinya mencapai nilai KKM. Dan selebihnya masih butuh bimbingan. Hal ini disebabkan karena kurangnya variasi dalam strategi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara tersebut dan pre test peneliti terdorong untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi Tahlil Al-Akhta’. Dalam penelitian ini terdapat adanya rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana Penerapan Startegi Tahlil Al-Akhta’ Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Pelajaran Bahasa Arab Materi Na’at Manut Kelas V MI Nurussalam Patianrowo Nganjuk? 2) Bagaimana Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Pelajaran Bahasa Arab Materi Na’at Man’ut Kelas V MI Nurussalam Patianrowo Nganjuk Tahun Pelajaran 2019/2020?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan 4 tahap yaitu Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Pengamatan (Observing), dan Refleksi (Reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurussalam Patianrowo Nganjuk dengan jumlah 28 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswi perempuan Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi Tahlil Al-Akhta’ dalam meningkatkan pemahaman bahasa Arab, diperolah hasil sebagai berikut: 1) Observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 91,8 dengan kriteria sangat baik dan pada siklus II meningkat menjadi 94,5 dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 89 dengan kriteria baik, pada siklus II meningkat menjadi 95,3 dengan kriteria sangat baik. 2) Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 65,2 meningkat menjadi 83,6 dengan kriteria baik sesuai dengan KKM yakni 70, serta persentase ketuntasan pemahaman bahasa Arab pada siklus I 53,5% meningkat menjadi 85,7% pada siklus II dengan kriteria tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahdan, Muhammad Choiruchoiru.syahdan@gmail.comD97216115
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@gmail.comUNSPECIFIED
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Materi na'at man'ut; Mata pelajaran Bahasa Arab; Strategi tahlil al-akhta'
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhmammad Choiru Syahdan
Date Deposited: 14 Aug 2020 07:09
Last Modified: 14 Aug 2020 07:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42264

Actions (login required)

View Item View Item