Studi komparasi hasil belajar antara siswa alumni SMP dan MTs pada mata pelajaran keagamaan kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khumairo', Silvi (2020) Studi komparasi hasil belajar antara siswa alumni SMP dan MTs pada mata pelajaran keagamaan kelas X Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvi Khumairo'_D91216079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas komparasi/ perbandingan hasil belajar siswa untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa alumni SMP dan MTs pada mata pelajaran Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Sesuai dengan anggapan mayoritas masyarakat bahwa hasil belajar yang didapatkan siswa yang alumni MTs akan lebih tinggi dibandingkan siswa yang alumni SMP dan bersekolah di MA (Madrasah Aliyah). Untuk mengetahui hasilnya, maka peneliti menggunakan analisis statistik dan nonstatistik. Adapaun teknik pengumpulan datanya dengan dokumentasi, wawancara, dan observasi tentang hasil belajar empat bidang studi yaitu: Akidah Akhlak, Fikih, Al-Qur’an Hadits, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 428 siswa dan peneliti menggunakan teknik sampel penuh atau sampel populasi yang mana semua anggota populasi dijadikan subyek penelitian. Dengan jumlah 147 siswa alumni SMP dan 269 siswa alumni MTs, sisanya 12 siswa adalah alumni SMP I dan tidak termasuk kedalam subyek penelitian karena dibatasi pada siswa alumni SMP yang menggunakan sistem non kurikulum Kemenag (Kementrian Agama). Hasil penelitian sesuai dengan analisis yang telah dilakukan menggunakan uji t (independent t-test) dengan penghitungan manual dan alat bantu aplikasi SPSS versi 16.0, maka hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa alumni SMP pada mata pelajaran Keagamaan adalah 82,14. Sedangkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa alumni MTs adalah 82,91. Dari hasil pengujian independent t-test adalah bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara alumni SMP dan MTs serta dilihat dari mean atau rata-rata diantara keduanya menyatakan bahwa hasil belajar siswa alumni MTs pada mata pelajaran Keagamaan lebih tinggi atau lebih unggul dibandingkan hasil belajar siswa alumni SMP.

Kata kunci: komparasi, hasil belajar, mata pelajaran Keagamaan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khumairo', Silvisilvi.khumairo1997@gmail.comD91216079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibbinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
UNSPECIFIEDMustofa, M.mustofahuda57@gmail.com2012025701
Subjects: Agama
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: komparasi; hasil belajar; mata pelajaran Keagamaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Silvi Khumairo'
Date Deposited: 12 Aug 2020 00:31
Last Modified: 12 Aug 2020 00:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42284

Actions (login required)

View Item View Item