Pengembangan sistem informasi manajemen dalam rangka inovasi sekolah: studi kasus di SMA Khadijah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Shofia (2020) Pengembangan sistem informasi manajemen dalam rangka inovasi sekolah: studi kasus di SMA Khadijah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofia Maulidia_D93216063.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Keadaan Sistem Informasi manajemen yang ada di Sekolah Menengah Atas Khadijah Surabaya, (2) Inovasi sekolah yang dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Atas Khadijah Surabaya, (3) pelaksanaan Pengembangan Sistem Informasi manajemen dalam rangka inovasi sekolah di SMA Khadijah Surabaya, dan (4) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pengembangan Sistem Informasi Manajemen dalam rangka Inovasi sekolah di Sekolah Menengah Atas Khadijah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus agar problem dapat dikaji dengan lebih mendalam dan dapat dideskripsikan secara meluas. Penelitian ini berlokasi di SMA Khadijah Surabaya dengan sumber data yaitu Kepala Sekolah, ICT Officer, Guru, dan Wakil Kepala Sekolah bagian kehumasan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data dengan cara Reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan pengambilan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Pengembangan Sistem Informasi Manajemen dalam rangka Inovasi Sekolah di SMA Khadijah, meliputi : Pertama, SMA Khadijah dalam kepengurusan informasi telah menerapkan sistem berbasis software dan didukung dengan hardware yang memadahi. Diantaranya DAPODIK, SIM YTPSNU-Khadijah, SIM internal sekolah yaitu Sinologi dan SSMS (Smart School Management System). Kedua, Inovasi Sekolah di SMA Khadijah Surabaya telah dilakukan secara Continou dan mengikuti update perkembangan jaman. Diantaranya salah satu inovasi sekolah dalam bidang pelayanan administrasi pendidikan yaitu dengan adanya pengembangan SIM internal sekolah terbaru berupa SSMS (Smart School Management System). Ketiga, Pelaksanaan pengembangan Sistem Informasi Manajemen dalam rangka inovasi sekolah di SMA Khadijah Surabaya berupa SSMS telah melalui beberapa tahapan. Hasil laporan dari SSMS ini dapat menjadi bahan dalam mengambil keputusan serta kebijakan selanjutnya kepala sekolah. Keempat, Terdapat beragam faktor pendukung pengembangan SIM, meliputi: (1) Tersedianya Hardware yang memadahi, (2) tersedianya Server Sinologi sebelum adanya SSMS, (3) Tersedianya Tim IT yang tergonisir dengan baik, dan (4) Tersedianya local area nerwork atau internet dalam jangkauan lokal di SMA Khadijah.Serta faktor yang menghambat, diantaranya (1) Belum adanya ijin aplikasi ini masuk kedalam play store; (2) Komitmen yang kurang kuat dari beberapa pihak dalam menjalankan pengembangan ataupun implementasinya; (3) Keragaman dan kesiapan dari pengguna SIM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, Shofiasofiamaulidia6@gmail.comD93216063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, ImamUNSPECIFIED2012085201
Thesis advisorFitriyatin, Nurnurfitriatin@uinnsby.ac.id2012016701
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Sistem informasi manajemen; Inovasi sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shofia Maulidia
Date Deposited: 12 Aug 2020 06:14
Last Modified: 12 Aug 2020 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42299

Actions (login required)

View Item View Item