Implementasi metode extreme learning machine (ELM) dalam klasifikasi tipe gangguan Skizofrenia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Risalatul (2020) Implementasi metode extreme learning machine (ELM) dalam klasifikasi tipe gangguan Skizofrenia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risalatul Jannah_H02216015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gangguan jiwa merupakan pola perilaku yang berkaitan dengan penderitaan yang menyebabkan gangguan pada fungsi jiwa manusia. Rikesdas menunjukkan prevalensi skizofrenia dan gangguan jiwa berat di Indonesia pada tahun 2018 sebesar 6,7% per 100 rumah tangga. Skizofrenia merupakan gangguan mental yang cukup sulit untuk didiagnosa karena gejala delusi dan halusinasi tidak selalu disadari dan dilaporkan oleh penderitanya. Agar dapat mendiagnosa dengan baik dibutuhkan suatu program yang dapat membantu mengklasifikasikan tipe penyakit skizofrenia. Tipe skizofrenia yang diklasifikasi pada penelitian ini yaitu tipe paranoid dan undifferentiated. Salah satu metode yang digunakan untuk klasifikasi yaitu Extreme Learning Machine (ELM). ELM merupakan metode yang memiliki tingkat pembelajaran yang cepat dan akurasi yang tinggi. Penelitian ini menggunakan data sebanyak 180 data, dimana 90 data merupakan skizofrenia paranoid dan 90 data merupakan skizofrenia undifferentiated. Hasil klasifikasi tipe skizofrenia menggunakan ELM dengan pembagian data training dan data testing menggunakan k-fold cross validation dengan k = 5 dan fungsi aktivasi sigmoid biner menghasilkan kinerja yang cukup baik. Hasil akurasi terbaik terdapat pada jumlah node hidden sebanyak 10 yaitu sebesar 92.22%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Risalatulrisalatul.jannah7@gmail.comH02216015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Teknologi
Keywords: Skizofrenia; Paranoid; Undifferentiated; Klasifikasi; ELM
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Risalatul Jannah
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:15
Last Modified: 14 Aug 2020 06:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42373

Actions (login required)

View Item View Item