Penerapan model pengawasan cooperative professional development dalam Meningkatkan kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Porodeso, Sekaran, Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bashor, Chafidotul (2020) Penerapan model pengawasan cooperative professional development dalam Meningkatkan kinerja Guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Porodeso, Sekaran, Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chafidotul Bashor - D032160004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan model pengawasan cooperative professional development dalam meningkatkan kinerja guru sudah menjadi suatu hal yang penting bagi pengembangan profesi guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Model Pengawasan Cooperative Professional Development di Mi “Ma’arif Nu Porodeso”Sekaran Lamongan. 2) Kinerja Guru diMi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan. 3) Penerapan Model Pengawasan Cooperative Professional Development Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan. Dan 4) Faktor Penghambat Penerapan Model Pengawasan Cooperative Professional Development Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sumber data kepala yayasan, kepala madrasah, guru atau tim pengawasan CPD, dan komite madrasahdi Mi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan. Peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi untuk pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Teknik analalis data yang digunakan yaitu analisis interaktif yang meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Penerapan model pengawasan cooperative professional development dalam meningkatkan kinerja guru di Mi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan,meliputi: Pertama, kebijakan yang mendasari dariPenerapan model pengawasan cooperative professional developmentdi Mi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan meliputi, a.) UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, b.) K13 (Kurikulum 13) dari kementrian pendidikan dan kebudayaan di tahun 2015, dan c.) musyawarah bersama guru, maupun komite Madrasah. Keduakinerja guru di Mi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan, mempunyaibeberapa indikator, yang meliputi:a.) Mampu membuat Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP), b.) Menguasai materi yang diajarkan, c.) Memiliki model atau strategi pada saat mengajar, d.) Memberikan tugas dengan baik kepada siswa, e.) Mampu mengelola kelas yang dihadapi, dan f.) Kemampuan dalam mengadakan evaluasi atau penilaian di dalam pembelajarannya. Ketiga Penerapan model pengawasan cooperative professional development dalam meningkatkan kinerja guru di Mi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan, telah terlaksana pada bulan januari lalu dan sampai bulan ini masih berjalan dengan baik. Kegiatan dari model pengawasan CPD yakni melalui musywarah untuk pengembangan profesi guru. Dengan penerapan model pengawasan cooperative professional development yang baik, maka kinerja guru dapat meningkat sesuai tujuan pendidikan di Madrasah. Faktor penghambat Penerapan model pengawasan cooperative professional development dalam meningkatkan kinerja guru di Mi “Ma’arif Nu Porodeso” Sekaran Lamongan adalah pembiayaan yang semua keperluannya dilakukan oleh masing-masing guru atau individu guru, kurangnya kepala madrasah dalam memberikan hadiah, tujuannya agar guru semangat dalam mengembangkan keprofesionalisme kinerjanya. Selain itu, model pengawasan CPD semuanya berdampak positif bagi kinerja guru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bashor, Chafidotulchafidhobashor@gmail.comD03216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam-2012085201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Pengawasan; model cooperative professional development; kinerja guru.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Chafidhotul Bashor
Date Deposited: 13 Aug 2020 23:13
Last Modified: 13 Aug 2020 23:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42385

Actions (login required)

View Item View Item