Pemanfaatan limbah serbuk gergaji kayu jati sebagai adsorben pengurangan kandungan timbal (Pb) pada air limbah dengan menggunakan sistem batch

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firmanto, Rafli Puji (2020) Pemanfaatan limbah serbuk gergaji kayu jati sebagai adsorben pengurangan kandungan timbal (Pb) pada air limbah dengan menggunakan sistem batch. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rafli Puji Firmanto_H75216066.pdf

Download (7MB)

Abstract

Serbuk gergaji kayu jati merupakan limbah hasil sisa dari proses penggergajian kayu dari industri ataupun usaha pengolahan kayu. Salah satu upaya pemanfaatan limbah tersebut yaitu dengan cara digunakan sebagai bahan baku pembuatan adsorben yang berguna untuk mengadsorpsi logam berat pada limbah cair. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan adsorben dari limbah serbuk gergaji kayu jati terhadap logam timbal (Pb) pada limbah cair menggunakan sistem batch serta mengetahui permodelan isoterm adsorpsi yang sesuai dalam proses adsorpsi untuk pengolahan limbah logam berat timbal (Pb). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan variasi massa adsorben yang digunakan masing - masing 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, dan 5 gram, sedangkan variasi metode aktivasi adsorben digunakan yaitu adsorben dengan proses aktivasi dan adsorben tanpa proses aktivasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada variasi metode aktivasi adsorben dengan proses aktivasi dan variasi metode aktivasi adsorben tanpa proses aktivasi menghasilkan rata – rata penyerapan dan berturut-turut sebesar 81,14 % dan 94,15 % , Sedangkan rata-rata nilai kapasitas adsorpsi pada variasi metode aktivasi adsorben dengan proses aktivasi dan variasi metode aktivasi adsorben tanpa proses aktivasi berturut-turut sebesar 0,802 mg/g dan 0,597 mg/g. Permodelan isoterm adsorpsi yang sesuai dengan pada proses adsorpsi menggunakan adsorben serbuk gergaji kayu jati adalah model isoterm adsorpsi langmuir dengan nilai R2 sebesar 0,6537.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firmanto, Rafli Pujirafli.puji007@gmail.comH75216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyowati, Rr Diah Nugrahenidiahnugraheni@uinsby.ac.id198205012014032001
Thesis advisorSuprayogi, Dedydsuprayogi@uinsby.ac.id0711125102
Subjects: Teknik Lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Rafli Puji Firmanto
Date Deposited: 15 Aug 2020 03:38
Last Modified: 15 Aug 2020 03:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42449

Actions (login required)

View Item View Item