Peningkatan hasil belajar materi surah al-Qadr mata pelajaran Al-quran Hadist melalui strategi team quiz pada siswa kelas V MI Thoriqul Ulum Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suhermin, Ghofrida (2020) Peningkatan hasil belajar materi surah al-Qadr mata pelajaran Al-quran Hadist melalui strategi team quiz pada siswa kelas V MI Thoriqul Ulum Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghofrida Suhermin_D97216106.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilakukan dikarenakan adanya kesulitan yang dialami siswa kelas V MI Thoriqul Ulum Lamongan. Dibuktikan perolehan data nilai sebelumnya dengan nilai rata-rata hasil belajar dari 25 siswa kelas V, 8 siswa yang tuntas dan mencapai 32% ketuntasan dalam belajar. Hal ini terjadi karena siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. Penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang kurang efektif menyebabkan siswa kurang aktif sehingga memengaruhi nilai hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan strategi Team Quiz untuk meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadist surah Al-Qadr pada siswa kelas V MI Thoriqul Ulum Lamongan. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadist materi surah Al-Qadr setelah penerapan strategi Team Quiz pada siswa kelas V di MI Thoriqul Ulum Lamongan. Penelitian ini dilakukan di MI Thoriqul Ulum Lamongan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan unjuk kerja. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, penerapan strategi Team Quiz dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari data hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 73,03, meningkat menjadi 85,71 pada siklus II. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I sebesar 72,5 meningkat menjadi 88,75 pada siklus II. Kedua, tingkat hasil belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadist materi surah Al-Qadr di kelas V mengalami peningkatan setelah menerapkan strategi Team Quiz. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai tes belajar pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 68% (kategori cukup) dengan rata-rata 79,28 yang meningkat pada siklus II dengan perolehan persentase ketuntasan 92% (kategori sangan baik) dengan rata-rata nilai 86,8.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suhermin, Ghofridaghofridauinsa@gmail.comD97216106
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Al Qur'an
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Hasil belajar; Surah al-Qadr; Team quiz
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ghofrida Suhermin
Date Deposited: 17 Aug 2020 00:11
Last Modified: 17 Aug 2020 00:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42565

Actions (login required)

View Item View Item