Peningkatan pemahaman mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan metode time line pada kelas V Al-Fattah SD Islam plus Al-Azhar Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmah, Ahadia Nur (2020) Peningkatan pemahaman mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan metode time line pada kelas V Al-Fattah SD Islam plus Al-Azhar Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahadia Nur Rachmah_D07216001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya pemahaman peserta didik pada materi tersebut. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran garis waktu (time line). Rumusan masalah dalam penelitian adalah 1) Bagaimana penerapan Metode Timeline dalam meningkatakan pemahaman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada kelas V Al-Fattah SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial setelah penerapan metode Timeline pada kelas V Al-Fattah SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto? Tujuan penelitian adalah 1) Penerapan metode Timeline dalam meningkatakan pemahaman waktu dan kronologi materi lmu Pengetahuan Sosial dengan metode Timeline pada kelas V Al-Fattah SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto. 2) Peningkatan metode Timeline dalam meningkatakan pemahaman waktu dan kronologi Ilmu Pengetahuan Sosial dengan metode Timeline pada kelas V Al-Fattah SD Islam Plus Al-Azhar Mojokerto.
Metode penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis & MC. Taggart yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V Al-Fattah yang berjumlah 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan metode pembelajaran garis waktu (timeline) dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat diketahui dari pembuktian pada aktivitas yang dilaksanakan oleh guru dan peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Untuk aktivitas guru pada siklus I skor akhir yang diperoleh ialah 75 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,33 (sangat baik) dan untuk aktivitas peserta didik pada siklus I skor akhir yang diperoleh ialah 65 (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,33(baik). (2) Peningkatan pemahaman peserta didik mengalami peningkatan setelah dilaksanakan metode pembelajaran garis waktu (timeline), hal ini terbukti pada tes siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 73,03(cukup) dengan persentase ketuntasan 79,03% (baik) dan setelah diadakan perbaikan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 88,46 (sangat baik) dan persentasa ketuntasan peserta didik menjadi 86,73% (sangat baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmah, Ahadia Nurahadianur@gmail.comD07216001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlir-2022076802
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pemahaman; Materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa di Indonesia; Metode Pembelajaran Garis Waktu (Time Line).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahadia Nur Rachmah
Date Deposited: 17 Aug 2020 03:53
Last Modified: 17 Aug 2020 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42581

Actions (login required)

View Item View Item