Analisis saddu ad-dzari‘ah terhadap peran konselor biro konsultasi dan konseling keluarga sakinah masjid Al-Falah Surabaya (BKSF) dalam penyelesaian Shiqaq

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Tania Ayu Komala (2020) Analisis saddu ad-dzari‘ah terhadap peran konselor biro konsultasi dan konseling keluarga sakinah masjid Al-Falah Surabaya (BKSF) dalam penyelesaian Shiqaq. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tania Ayu Komala Sari_C012160409.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang dihimpun dengan menggunakan teknik pengumpulan dokumentasi, dan interview. Data yang sudah terkumpul selanjutnya disusun dan dianalisis menggunakan deskriptif analisis dengan pola pikir deduktif bertujuan menggambarkan dan menjelaskan secara sistematik mengenai peran konselor Biro Konsultasi & Konseling Keluarga Sakinah Masjid Al-Falah Surabaya (BKSF) dalam penyelesaian shiqaq yang kemudian dianalisis dalam perspektif saddu ad-dzari‘ah. Hasil penelitian mengenai peran konselor dalam penyelesaian masalah shiqaq oleh Biro Konsultasi & Konseling Keluarga Sakinah Masjid Al-Falah Surabaya (BKSF) dapat disimpulkan: Pertama, peran konselor Biro Konsultasi & Konseling Keluarga Sakinah Masjid Al-Falah Surabaya (BKSF) dalam penyelesaian shiqa<q, yaitu dengan cara memberikan beberapa solusi yakni berupa nasehat, memberi pandangan ke depan pada klien, memberikan fatwa, dan ajaran–ajaran hukum Islam tentang perkawinan agar lebih sabar lagi dalam menyikapi masalah yang sedang mereka hadapi; Kedua, dalam perspektif saddu ad-dzari<‘ah terhadap peran konselor Biro Konsultasi & Konseling Keluarga Sakinah Masjid Al-Falah Surabaya (BKSF) untuk menyelesaikan shiqa<q telah sesuai karena posisi mereka sebagai hakam berusaha untuk mendamaikan pasangan suami dan istri agar tidak sampai bercerai meskipun bercerai diperbolehkan dalam Islam. Sejalan dengan hasil penelitian tersebut maka konselor Biro Konsultasi & Konseling Keluarga Sakinah Masjid Al-Falah (BKSF) Surabaya disarankan: Pertama, konselor Biro Konsultasi & Konseling Keluarga Sakinah Masjid Al-Falah (BKSF) Surabaya hendaknya mengadakan sosialisasi lebih luas lagi agar masyarakat lebih paham fungsi dari konselor BKSF. Kedua, hendaknya biro ini mengadakan kegiatan seperti seminar edukasi tentang perkawinan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Tania Ayu Komalataniaayu0208@gmail.comC01216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyafaah, Nurlailatulnurlailatul@uinsby.ac.id2006047901
Subjects: Hukum Islam
Nusyuz dan Syiqaq
Perkawinan
Keywords: Konselor Biro Konsultasi Dan Konseling Keluarga Sakinah Masjid Al – Falah Surabaya (BKSF) ; Biro konsultasi keluarga; Penyelesaian Shiqaq.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Tania Ayu Komala Sari
Date Deposited: 18 Aug 2020 07:31
Last Modified: 18 Aug 2020 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42741

Actions (login required)

View Item View Item