Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemah surat al-adiyat mata pelajaran al-quran hadis siswa kelas IV-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Evira Ika (2020) Penerapan strategi index card match untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemah surat al-adiyat mata pelajaran al-quran hadis siswa kelas IV-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evira Ika Safitri-D97216102.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang dialami siswa kelas IV-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng dalam hal menghafal surat pendek beserta terjemahannya. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dari 17 siswa hanya 6 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM sedangkan 11 siswa yang lainnya memperoleh nilai di bawah KKM. Diharapkan strategi index card match mampu memperbaiki dan meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemah surat Al-adiyat. Masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Penerapan strategi index card match dalam meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemah surat Al-adiyat pada mata pelajaran Alquran Hadis, 2) Peningkatan kemampuan menghafal dan menerjemah surat Al-adiyat pada mata pelajaran Alquran Hadis siswa kelas IV-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan setelah penerapan strategi index card match. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini, yaitu siswa kelas IV-A MI Islamiyah Sumberwudi Karanggeneng Lamongan yang terdiri dari 17 siswa. Tindakan yang dilaksanakan adalah penerapan strategi index card match untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemah surat Al-adiyat. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan non tes. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa strategi index card match bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menghafal dan menerjemah surat Al-adiyat pada siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 75 (cukup baik) dan siklus II 90 (Sangat Baik). Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I mencapai 68 (cukup baik) dan pada siklus II mencapai 87 (Sangat Baik). Sebelum menggunakan strategi index card match, rata-rata nilai siswa adalah 68,35. Setelah dilakukan penerapan strategi index card match nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,47 (Baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,11 (Baik). Presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan dari 11 siswa yang tuntas dengan presentase 64,70% (Cukup) menjadi 14 siswa yang tuntas dengan persentase sebesar 82,35% (Baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Evira IkaEviraika05@gmail.comD97216102
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTaufik, TaufikTaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Index Card Match; Menghafal; Menerjemah; Alquran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evira Ika
Date Deposited: 18 Aug 2020 14:43
Last Modified: 18 Aug 2020 14:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42758

Actions (login required)

View Item View Item