Peningkatan pemahaman materi aksara Jawa mata pelajaran Bahasa Daerah melalui model pembelajaran kooperatif teknik make a match kelas III-a MI At Taqwa Kebonagung Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikriah, Leily Hanum (2020) Peningkatan pemahaman materi aksara Jawa mata pelajaran Bahasa Daerah melalui model pembelajaran kooperatif teknik make a match kelas III-a MI At Taqwa Kebonagung Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Leily Hanum Fikriah_D07216022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena belum tercapainya nilai hasil pemahaman peserta didik terhadap criteria yang telah ditentukan. Kurangnya variasi dan fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran menjadi penyebab hal tersebut, sedangkan karakter dari peserta didik pada kelas tersebut adalah cuek. Sehingga apabila hanya menerapkan metode atau teknik pembelajaran yang sama, mengakibatkan peserta didik akan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana penerapan dan peningkatan pemahaman materi menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match dalam meningkatkan pemahaman materi aksara Jawa mata pelajaran Bahasa Daerah peserta didik kelas III-A MI At-Taqwa Kebonagung Sidoarjo?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan dan peningkatan pemahaman materi menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik make a match pada materi aksara Jawa mata pelajaran Bahasa Daerah peserta didik kelas III-A MI At-Taqwa Kebonagung. Metode penelitian tindakan ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 38 peserta didik kelas III-A MI At-Taqwa Kebonagung Sukodono Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik make a match pada materi Aksara Jawa mata pelajaran Bahasa Daerah berjalan lancar yang dapat dibuktikan dengan hasil setiap siklus yang telah dilakukan mengalami peningkatan. Dalam siklus I, perolehan hasil aktivitas guru mendapat nilai sebesar 79,41 (kriteria sedang). Sedangkan perolehan hasil aktivitas peserta didik mendapat nilai sebesar 77,78 (kriteria sedang). Dalam siklus II, perolehan hasil aktivitas guru mendapat nilai sebesar 93,42 (kriteria sangat tinggi). Sedangkan perolehan hasil aktivitas peserta didik mendapat nilai sebesar 92,50 (kriteria sangat tinggi). Pemahaman peserta didik pada siklus I sebesar 76,58 dan meningkat pada rata-rata siklus II sebesar 85,89. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I mencapai 76,32 % (kriteria sedang), sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar peserta didik mencapai 92,11 % (kriteria sangat tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikriah, Leily Hanumleilyhanumfikriahuinsa@gmail.comD07216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir_uban@yahoo.com2022076802
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Materi aksara Jawa; Model pembelajaran; Teknik make a match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LEILY HANUM FIKRIAH
Date Deposited: 20 Aug 2020 02:55
Last Modified: 20 Aug 2020 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42764

Actions (login required)

View Item View Item