Analisis dan identifikasi bakteri koliform pada es batu dari berbagai penjual minuman di sekitar Sekolah Dasar Kelurahan Wonokromo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyanti, Ikke Arina (2020) Analisis dan identifikasi bakteri koliform pada es batu dari berbagai penjual minuman di sekitar Sekolah Dasar Kelurahan Wonokromo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
IKKE ARINA FEBRIYANTI_H71216057.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia gemar mengonsumsi es batu sebagai salah satu produk pangan yang umumnya disajikan bersama minuman untuk menimbulkan sensasi dingin dan menyegarkan. Minuman yang ditambah dengan es batu sangat populer dikalangan anak-anak sekolah, tanpa memedulikan kelayakan minuman tersebut yang kemungkinan tidak higienis atau telah terkontaminasi bakteri. Bakteri Koliform merupakan bakteri yang biasa digunakan sebagai indikator adanya kontaminasi pada bahan pangan dan air. Keberadaan bakteri Koliform yang terlalu banyak dalam air dapat menyebabkan penyakit pada tubuh manusia, salah satunya diare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah cemaran koloni dan jenis bakteri Koliform yang mengontaminasi es batu dari berbagai penjual minuman di sekitar sekolah dasar wilayah Kelurahan Wonokromo, Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Sampel es batu diuji dengan menggunakan metode Most Probable Number (MPN) dan diisolasi pada media Salmonella Shigella Agar untuk bakteri non fermenter laktosa. Bakteri diidentifikasi secara mikroskopis dengan teknik pewarnaan gram dan uji biokimia (IMVIC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh sampel es batu sebanyak 9 sampel dinyatakan positif terkontaminasi bakteri Koliform dengan indeks MPN melebihi batas cemaran menurut SNI 01-3839-1995, dengan jumlah cemaran tertinggi lebih dari 2400 koloni/100 mL dan jumlah cemaran terendah sebanyak 21 koloni/100 mL. Terdapat 6 jenis bakteri Koliform yang teridentifikasi pada penelitian ini, yaitu Proteus mirabilis, Escherichia coli, Enterobacter aerogenes, Klebsiella pneumoniae, Shigella sp., dan Salmonella sp.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyanti, Ikke Arinaikkearina20@gmail.comH71216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah@uinsby.ac.id20140019
Subjects: Biologi
Keywords: Bakteri Koliform; es batu; MPN; uji IMVIC
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ikke Arina Febriyanti
Date Deposited: 20 Aug 2020 08:46
Last Modified: 20 Aug 2020 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42908

Actions (login required)

View Item View Item