Variasi morfologi tikus sundamys (Ordo: Rodentia) asal populasi Kalimantan dan Sumatera

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmah, Alfiyatur (2020) Variasi morfologi tikus sundamys (Ordo: Rodentia) asal populasi Kalimantan dan Sumatera. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfiyatur Rahmah_H01216004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tikus Sundamys merupakan bagian dari Ordo Rodentia, Famili Muridae. Sundamys infraluteus dan Sundamys muelleri merupakan tikus Sundamys yang berasal dari Kalimantan dan Sumatera. Kawasan yang berbeda memiliki jenis ketersediaan makanan dan kondisi lingkungan yang berbeda, sehingga diduga perbedaan kawasan akan mempengaruhi variasi morfologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi morfologi tikus Sundamys berdasarkan asal populasinya (Kalimantan dan Sumatera) serta untuk mengetahui pengaruh variasi geografis terhadap karakter morfologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Laboratorium Mamalia, Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI. Spesimen yang digunakan berasal dari Kalimantan dan Sumatera dianalisa berdasarkan pengukuran empat karakter morfologi dan 17 karakter tengkorak. Hasil pengukuran menggunakan analisis univariat menunjukkan bahwa tikus Sundamys asal Sumatera memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan Kalimantan. Hasil uji T-Test untuk Sundamys muelleri didapat 11 karakter yang berbeda secara signifikan, sedangkan untuk Sundamys infraluteus hanya 1 karakter yang berbeda. Hasil uji PCA menunjukkan bahwa keseluruhan populasi dari Sumatera dan Kalimantan masih dalam satu kelompok dengan ukuran tengkorak yang tidak jauh berbeda. Variasi morfologi dapat dipengaruhi oleh adanya variasi geografis seperti suhu, iklim, ketinggian, dan struktur vegetasi yang dapat menyebabkan perubahan tingkah laku dan pertumbuhan pada tikus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmah, Alfiyaturveraalfiyah@gmail.comH01216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorBahri, Saifulsaiful200488@gmail.com2021128601
Subjects: Biologi
Keywords: Tikus Sundamys; Kalimantan; Sumatera; morfologi; geografis.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Alfiyatur Rahmah
Date Deposited: 21 Aug 2020 03:46
Last Modified: 21 Aug 2020 03:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42924

Actions (login required)

View Item View Item