Optimasi pertumbuhan dan kadar flavonoid tanaman Sambung Nyawa (Gynura procumbens [Lour.] Merr.) pada hidroponik sistem DFT (Deep Flow Technique)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fawaidah, Ikhlasotul (2020) Optimasi pertumbuhan dan kadar flavonoid tanaman Sambung Nyawa (Gynura procumbens [Lour.] Merr.) pada hidroponik sistem DFT (Deep Flow Technique). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ikhlasotul Fawaidah_H01216011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gynura procumbens (Lour.) Merr. atau sambung nyawa adalah tanaman obat yang memiliki banyak aktivitas farmokologis seperti antikanker, antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Aktivitas tersebut berkaitan dengan tingginya kandungan senyawa flavonoid pada tanaman sambung nyawa sehingga perlu dilakukan kultivasi tanaman. Namun kultivasi secara konvensional menggunakan tanah memiliki banyak kelemahan, sehingga dilakukan alternatif lain yakni dengan sistem DFT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan dan kadar flavonoid antara tanaman sambung nyawa pada kultivasi sistem hidroponik DFT dengan media tanah. Penelitian ini menggunakan perbandingan dua kelompok yakni sistem DFT sebagai kelompok perlakuan dan media tanah sebagai kelompok kontrol dengan bahan stek batang dari tanaman sambung nyawa. Stek batang kemudian ditanam pada sistem DFT dan media tanah selama 30 hari. Setelah panen dilakukan pengukuran dan analisa variabel pertumbuhan. Sedangkan penetapan kadar flavonoid dilakukan dengan spektrofotometer UV-Vis. Data variabel pertumbuhan dianalisa menggunakan uji T independent dan uji Mann Whitney untuk jumlah daun. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) antara jumlah daun, berat segar dan berat kering tanaman pada sistem DFT dengan media tanah. Sedangkan jumlah akar tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Adapun nilai rata-rata pada semua variabel pertumbuhan dalam sistem DFT diketahui lebih tinggi jika dibandingkan dengan kultivasi pada media tanah. Selain itu perlakuan hidroponik sistem DFT dapat meningkatkan kadar kuersetin pada ekstrak akar dan daun dengan nilai masiing-masing 2,322mgQE/gr and 0,747 mgQE /gr.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fawaidah, Ikhlasotulikhlasotulfawaidah@gmail.comH01216011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayati, Irulirulhidayati.alfatawi@gmail.com198102282014032001
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.com201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Kadar flavonoid; media tanah; pertumbuhan; sistem DFT; tanaman sambung nyawa
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ikhlasotul Fawaidah
Date Deposited: 20 Aug 2020 14:14
Last Modified: 20 Aug 2020 14:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42932

Actions (login required)

View Item View Item