Isolasi dan identifikasi bakteri endofit dari daun dan kulit batang tanaman lelak (Uvaria Rufa Blume) sebagai zat antibakteri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnayanti, Ika (2020) Isolasi dan identifikasi bakteri endofit dari daun dan kulit batang tanaman lelak (Uvaria Rufa Blume) sebagai zat antibakteri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Isnayanti_H01216010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bakteri endofit merupakan bakteri yang dapat diisolasi dari organ tanaman karena bakteri ini hidup berasosiasi di dalam jaringan tanaman inangnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bakteri endofit dapat memproduksi metabolit sekunder yang bermanfaat bagi kesehatan. Timbulnya resistensi antibiotik terhadap mikroba patogen maka perlu adanya upaya seperti pengembangan zat antimikroba baru dari bahan alam untuk mengatasinya. Pada penelitian bertujuan untuk mengetahui bakteri endofit yang terdapat pada tanaman Uvaria rufa serta potensinya dalam menghambat pertumbuhan patogen Escherichia coli melalui metabolit sekunder yang diproduksi. Sampel daun dan kulit batang tanaman diisolasi dan dipurifikasi, selanjutnya dilakukan ekstraksi isolat bakteri endofit menggunakan metode freeze drying, kemudian dianalisis kandungan metabolit sekunder melalui penapisan fitokimia dan ekstrak kering diuji antibakteri metode difusi cakram dengan konsentrasi masing-masing ekstrak 3 mg/ml,4 mg/ml, 5 mg/ml dan 10 mg/ml. Hasil penelitian ini terdapat 5 isolat bakteri endofit pada kulit batang tanaman dan 3 isolat dari daun tanaman, berdasarkan karakterisasi semua isolat diduga termasuk kelompok dari genus Bacillus. Metabolit sekunder yang terkandung dari ekstrak bakteri endofit yakni flavonoid, alkaloid, saponin dan tannin pada beberapa ekstrak memiliki kandungan yang berbeda. Pada uji antibakteri semua ekstrak di semua konsentrasi memiliki kemampuan yang tergolong penghambatan lemah terhadap bakteri uji karena zona hambat yang terbentuk ˂5mm. Zona hambat terbesar yang terbentuk dari ekstrak 8 pada konsentrasi 10 mg/ml. Sehingga perlunya penelitian lanjutan mengenai produksi dan potensi dari ekstrak bakteri endofit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnayanti, Ikayanti.gresikoi.07@gmail.comH01216010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
AuthorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Subjects: Biologi
Keywords: Uvaria rufa; isolasi; identifikasi; endofit; metabolit sekunder dan antibakteri.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ika Isnayanti
Date Deposited: 20 Aug 2020 23:46
Last Modified: 20 Aug 2020 23:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42950

Actions (login required)

View Item View Item