Analisis kadar dan jenis coliform pada Penampungan Air Hujan (PAH) di Desa Rejotengah Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Erika Kusuma (2020) Analisis kadar dan jenis coliform pada Penampungan Air Hujan (PAH) di Desa Rejotengah Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erika Kusuma Wardani_H01216007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Air hujan merupakan salah satu sumber air bersih yang dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Salah satu pemanfaatan air hujan yaitu dengan menampungnya dari atap rumah dan menyimpannya pada Penampungan Air Hujan (PAH). Pemanfaatan air hujan untuk kebutuhan sehari-hari manusia harus memenuhi standar kesehatan. Air hujan yang ditampung dari atap rumah kemungkinan mengandung bakteri, sehingga harus dilakukan pengujian secara bakteriologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai MPN dari sampel air hujan di Penampungan Air Hujan (PAH) di Desa Rejotengah Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan, sehingga dapat mengetahui kualitasnya secara bakteriologis serta mengidentifikasi jenis bakteri Coliform yang terdapat di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode MPN (Most Probable Number) seri 3-3-3 untuk menghitung jumlah bakteri Coliform dan identifikasi bakteri Coliform dengan pewarnaan gram dan uji biokimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai MPN dari 10 sampel yang diuji tidak memenuhi standar baku mutu yang ditetapkan pemerintah yaitu sebesar 50 per 100 ml. Nilai MPN tertinggi dari hasil penelitian sampel air hujan sebesar 2400 per 100 ml yaitu terdapat pada sampel 1, 2, 3, 5, 6, 9, 10 dan nilai MPN terendah sebesar 93 per 100 ml yaitu terdapat pada sampel 4. Tingginya nilai MPN menunjukkan tingginya tingkat pencemaran bakteri Coliform. Bakteri Coliform yang ditemukan dalam sampel yaitu Escherichia coli, Klebsiella sp., Klebsiella oxytoca, Enterobacter sp., Salmonella sp., dan Citrobacter sp.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Erika Kusumaerikakusumawardani98@gmail.comH01216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.idNIP. 198107252014031002
Thesis advisorFaizah, Hanikhanikfaizah90@gmail.comNUP. 201409019
Subjects: Biologi
Keywords: Coliform; Most Probable Number; Penampungan Air Hujan (PAH)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Erika Wardani
Date Deposited: 21 Aug 2020 02:35
Last Modified: 21 Aug 2020 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/42954

Actions (login required)

View Item View Item